Kamis, 21 Maret 2019

latihan soal un

LATIHAN 1


   1. Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks Berita 2
menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ...
A. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
B. teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
D. teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.
E. teks I diawali dengan siapa, teks II diawali kapan

KUNCI JAWABAN : A
PEMBAHASAN :
Teks 1 diawali dengan pokok berita siapa (Kapolres), sedangkan berita II diawali dengan pokok berita mengapa (guna menghidari...)

22.  Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Minggu dini hari tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.
Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

A. Teks 1: apa, bagaimana, mengapa, siapa ; Teks 2: apa, kapan bagaimana, siapa
B. Teks 1: di mana, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2: apa, bagaimana, kapan, siapa
C. Teks 1: di mana, mengapa, siapa, bagaimana ; Teks 2: kapan, bagaimana, apa, siapa
D. Teks 1: apa, mengapa, bagaimana, siapa ; Teks 2:kapan, apa, bagaimana, siapa
E. Teks 1: di mana, kapan, bagaimana, siapa; Teks 2 : apa, kapan, di mana, kapan

Kunci Jawaban : D

Pembahasan :
Unsur-unsur berita biasanya berpola 5 W + 1 H: what (apa), who (siapa), where (di mana), when (kapan), why (mengapa), dan how (bagaimana). Bukan berarti bahwa penulisan berita harus mengikuti urutan unsur-unsur tersebut. Dalam penyajiannya , seorang penulis berita dapat memvariasikannya. Bahkan kadang-kadang unsur-unsur tersebut tidak lengkap dalam sebuah berita.
Teks berita I: (apa) Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. (mengapa)Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana) Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. (siapa) Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks berita 2: (kapan) Minggu dini hari (apa) tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. (bagaimana) Akibat peristiwa itu dua orang meninggal dan pantura Jawa Timur banjir. Sejauh ini telah diusahakan penanggulannya, tetapi belum berhasil. (siapa) Pihak kepolisian setempat mengimbau agar pengguna jalan pantura berhati-hati.

33. Di sebuah kolam tinggallah beberapa ekor berudu. Kepalanya besar dan berekor panjang. Tubuhnya berwarna hitam. Mereka berenang ke sana ke mari.
Suatu hari, berudu-berudu itu melihat ibu ikan gurame sedang memberi makan anak-anaknya.
Para berudu mendekat dan berkata, "Tolong beritahu kami, bagaimana cara menemukan ibu kami?"
Ibu ikan gurame berkata, "Ibu kalian memiliki mulut yang lebar dan sepasang mata yang besar. Carilah yang seperti itu."
Para berudu berterima kasih lalu berenang pergi untuk mencari ibunya. Di tengah perjalanan mereka bertemu ikan mas dengan mulut iebar-dan mata bundar. Mereka berteriak, "Ibu! Ibu!"
Ikan mas tersenyum dan berkata, "Kalian salah. Ibu kalian mempunyai perut berwarna putih."

                                                                       (Didik Djunaedi: Berudu Mencari Ibu)

Komentar terhadap isi teks cerita tersebut yang tepat aalah ...
A  Perbuatan induk ikan mas sangat bijaksana.
B. Anak gurame tidak dapat mencari makan sendiri.
C. Induk berudu binatang yang tidak bertangguug jawab.
D. Berudu mencari induknya karena iri kepada anak gurame.
E. ikan mas menjadi tenar karena rasanya

Jawaban: A
Pembahasan:
Cerita tersebut berisi pencarian induk (ibu berudu) oleh anak-anak berudu. Induk ikan mas begitu bijaksana memberitahu ciri-ciri induk berudu (pilihan A). Pilihan B, teks tersebut tidak menjelaskan maksud anak ikan gurame tidak dapat mencari makan, tetapi konsekuensi binatang masih anak. Pilihan C dan D, tidak diterangkan induk berudu tidak bertanggungjawab.

44. Pemuda harus kembali mengambil peran dalam membawa arah bangsa ini kembali ke relnya. Budaya korupsi yang saat ini telah mengakar harus dihentikan. Bangsa ini membutuhkan pemuda yang sadar akan bahaya laten korupsi dan terkikisnya nilai-nilai kebangsaan. Pemuda harus menjadi pelopor pergerakan melawan korupsi. . . .

Kalimat simpulan akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah . . . 
A. Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat.
B. Korupsi harus diberantas sampai seakar-akarnya.
C. Pemerintah harus segera mengambil kebijakan.
D. Pelaku korupsi harus dihukum seberat-beratnya.
E. Pemuda harus belajar dengan giat.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kalimat simpulan adalah pendapat terakhir yang didapatkan dari uraian yang telah disampaikan sebelumnya. Simpulan dapat diperoleh dari keseluruhan isi bacaan yang ada pada paragraf. Kataakibat memiliki arti sesuatu yang merupakan akhir atau hasil suatu peristiwa (perbuatan, keputusan) 
Kalimat simpulan akibat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat (opsi A). Hal ini, berdasarkan isi pernyataan-pernyataan sebelumnya yang berisi upaya pemberantasan budaya korupsi. Jika korupsi dapat terkikis (sebab), Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat (akibat). 

55. Batuk sebetulnya bukan penyakit refleks, karena mengalami rangsangan udara yang berpolusi,  asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat  terjadi  karena saluran pernapasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin  atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin.
Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang  mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.

Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah ...

A.  Penyakit batuk dikarenakan rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara terinfeksi, maka barus diobati dengan ekspektoran.

B.  Pengaruh batuk itu terjadi karena asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut dapat dibeli di pasar bebas.

C.  Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, kekurangan udara saluran pernapasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.

D.  Terjadinya penyakit batuk karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara. Namun, semua dapat diobati dengan obat-obat altematif yang dijual di pasaran bebas.
E. Pengaruh batuk dan cuaca sangat berpotensi adanya penularan virus aktif yang dapat mengakibatkan banyaknya penderita gejala sakit yang sama
66. Melalui fasilitas yang disediakan, Rully mengoptimalkan kinerjanya di perusahaan yang telah membesarkan namanya tersebut.
Inti kalimat di atas adalah…
A.      Fasilitas yang disediakan membuat Rully optimal dalam bekerja.
B.      Dengan fasilitas yang ada, Rully terus optimal dalam bekerja.
C.      Rully mengoptimalkan kinerjanya.
D.      Rully mengoptimalkan kinerjanya di perusahaan.
E.       Rully terus mengoptimalkan kerjanya di perusahaan yang membesarkan namanya itu.
Jawaban: C
Pembahasan:
Inti kalimat di atas adalah Rully mengoptimalkan kinerjanya. Pola kalimat di atas adalah K+S+P+O+Pelengkap Tempat. Inti kalimat atau disebut kalimat sederhana adalah kalimat yang hanya terdiri dari S+P+O. S adalah subjek yang melakukan kegiatan, P adalah predikat yang terdiri dari kata kerja, sedangkan O adalah objek, yaitu kata benda yang berhububungan dengan subjek dan predikat. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan C.
7.       Topik    : Membaca Nonsastra
bindo sma.png
Perbedaan kedua teks di atas adalah....
A. Teks I: Apple mengeluarkan produk baru
     Teks II: Samsung mengeluarkan smart phone baru setiap tahun
B. Teks I: Iphone X terbaru
     Teks II: Produk baru smart phone
C. Teks I: Apple mengeluarkan produk baru
     Teks II: Samsung mengeluarkan smart phone baru setiap tahun
D. Teks I: Iphone X hanya dapat dijangkau masyarakt kelas atas
     Teks II: Produk Samsung dibandrol dengan harga murah
E. Teks I: Produk Apple selalu mengalami uji coba dan pengetesan terlebih dahulu
     Teks II: Kualitas produk smart phone Samsung Electronics Indonesia tidak      
     tahan banting dan cepat rusak  
Jawaban: D
Pembahasan:
Teks I menjelaskan tentang produk baru Apple, yaitu Iphone X yang menggiur dan mahal sehingga hanya mampu dijangkau oleh masyarakat kelas atas. Akan tetapi, teks II menjelaskan tentang smart phone Samsung yang dapat dijangkau oleh masyarakat umum karena harganya murah, tetapi kualitasnya terjamin karena telah melalui uji coba dan pengetesan. Oleh sebab itu,  jawaban yang tepat adalah pilihan D.

88. Teks I
Gadis cantik itu dapat diibaratkan dengan setangkai bunga yang indah dalam jambangan. Banyak orang yang mengagumi dan terpikat sehingga ingin memilikinya dan tidak jemu memandangnya. Ia menjadi pusat perhatian setiap orang yang memandangnya.
Teks II
Kau rembulan malam yang bersinar di antara kegelapan
Menjadi bintang yang benderang di kehampaan malam
Pijaran sinar rembulanmu membawa keteduhan dan kehangatan bagi tubuh yang dingin, lebam
Dirimu satu di antara yang besar dan kekal sepanjang malam
Rembulan, sudikah kau tetap sinari langit di bulan Januari ini?
Kalimat kesimpulan dari kedua isi teks di atas adalah…
A.      Kecantikan bunga dan rembulan yang sukar mengalihkan pandangan mata.
B.      Kekaguman terhadap bunga dan rembulan malam yang memberikan kesan berbeda.
C.      Bunga merupakan lambang cinta kasih yang tulus, sedangkan rembulan lambang kehampaan.
D.      Kecantikan seorang perempuan selalu ditandai atau digambarkan dengan bunga dan rembulan.
E.       Pengungkapan rasa syukur dan pengapresiasian atas kecantikan perempuan melalui pemaknaan.
Jawaban: D
Pembahasan:
Penarikan kesimpulan persamaan kedua teks dapat dilihat dari gagasan utama kedua paragraf. Teks I dan II sama-sama membahas tentang kecantikan perempuan. Namun pada teks I, kecantikan perempuan digambarkan dengan bunga, sedangkan teks II digambarkan dengan rembulan. Secara sederhana, kedua teks tersebut mempunyai kesamaan dalam menguraikan kecantikan perempuan dengan menggambarkan kecantikan tersebut menggunakan benda atau dimplementasikan dengan menggunakan benda, yaitu bunga dan rembulan. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

99. Bacalah puisi di bawah secara cermat!
Maghrib ini dalam doaku kau menjelma angin yang turun sangat
perlahan dari nun di sana bersijingkat di jalan dan
menyentuh-nyentuhkan pipi dan bibirnya di rambut, dahi,
dan bulu-bulu mataku
Dalam doa malamku kau menjelma denyut jantungku, yang
dengan sabar bersitahan terhadap rasa sakit yang entah
batasnya, yang setia mengusut rahasia demi rahasia, yang tak
putus-putusnya bernyanyi bagi kehidupanku
Aku mencintaimu. Itu sebabnya aku takkan pernah selesai
mendoakan keselamatanmu
                                              (‘Dalam Doaku’, Sapardi Djoko Damono)
Maksud puisi tersebut adalah....
A.      seseorang yang menjelma dalam doa yang ia cintai di setiap waktu
B.      seseorang yang mendoakan orang yang ia cintai di setiap waktu dengan tulus
C.      doa seseorang yang dikabulkan oleh Tuhan karena mendoakan orang yang ia cintai
D.      sebuah doa yang menjelma kebahagiaan yang mendalam
E.       kedamaian dalam berdoa untuk orang yang dicintai
Jawaban: B
Pembahasan:
Maksud dari puisi atau dikatakan juga interpretasi puisi adalah salah satu usaha dalam memaknai puisi. Dalam memaknai puisi dapat dilakukan dari sudut pandang penulis atau memaknainya secara menyeluruh. Dalam puisi di atas, makna yang ditarik dari puisi tersebut adalah seseorang atau aku lirik yang mendoakan orang yang ia cintai setiap waktu dengan tulus. Hal tersebut terdapat pada larik Aku mencintaimu. Itu sebabnya aku takkan pernah selesai mendoakan keselamatanmu. Oleh sebab itu, jawaban ynag tepat adalah pilihan B.
110. (1) Musim penghujan telah tiba, Gubernur DKI Jakarta ... agar warga Jakarta tetap tenang dan terus merawat kebersihan lingkungan. (2) Salah satu upaya yang disarankan oleh Gubernur DKI Jakarta, antara lain menjaga lingkungan dengan ... sampah pada tempat sampah, membersihkan selokan secara berkala, dan membuat saluran resapan air di wilayah masing-masing. (3) Menurutnya, cuaca ekstrem yang terjadi di Jakarta akan ... hingga awal tahun 2018. (4) Hal itu diharapkan agar masyarakat senantiasa waspada dan dapat .... bersama pemerintah dalam menjaga kebersihan lingkungan. (5) Karena permasalahan yang terjadi di Jakarta merupakan permasalahan bersama dan sudah seharusnya, baik aparat pemerintah maupun warga DKI Jakarta, tidak angkat tangan terhadap persoalan tersebut.
Kalimat tidak padu pada paragraf di atas terdapat pada nomor….
A.      1
B.      2
C.      3
D.      4
E.       5
Jawaban: C
Pembahasan:
Kalimat tidak padu adalah kalimat yang tidak sesuai dengan pembahasan. Dengan kata lain tidak mendukung atau menjelaskan kalimat setelah atau sesudahnya. Kalimat tidak padu pada teks di atas terdapat pada kalimat ketiga. Hal ini karena kalimat ketiga membahas cuaca ekstrem secara umum, sedangkan teks tersebut sedang fokus membahas musim penghujan dan imbauan agar masyarakat mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

111. Sebelum matahari terbit ia sudah membantu tetangga sebelah rumahnya. Ia pergi ke pasar dan membuka warung makan milik tetangganya itu. Jika ia rajin membantu tetangga tersebut, ia akan mendapatkan uang sebesar 20.000 sehari. Uang tersebut ia gunakan untuk jajan dan ongkos ke sekolah. Akan tetapi, bila ia malas, ia tidak akan mendapatkan uang harian dari tetangganya itu.
Konjungsi subordinatif syarat dalam teks di atas adalah....
A.      sebelum, dan
B.      jika, bila
C.      akan tetapi, dan
D.      ke, itu
E.       dari, bila
Jawaban: B
Pembahasan:
Konjungsi subordinatif adalah konjungsi yang menghubungkan dua kata, frasa, dan klausa yang mempunyai status konjungsi bertingkat dalam kalimat. Konjungsi subordinatif tersebut meliputi, pengandaian, waktu, syarat, tujuan, cara, dan lain-lain. Konjungsi subordinatif syarat dalam teks di atas terdapat pada kata  jika dan bila. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan B.
112. (1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakan roda perindustriannya. (4) Kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) Meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas.   
Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah . . .

A. Mengimbau agar perindustrian menjaga keseimbangan penggunaan oksigen. 
B. Menggambarkan betapa besar penggunaan oksigen oleh industry.
C. Menginformasikan kebutuhan jumlah oksigen yang oleh perindustrian.
D. Mengingatkan perindustrian agar menghemat oksigen.
E.  Menginformsikan bahwa perindustrian telah boros dalam penggunaan oksigen.
Kunci Jawaban: A
Tujuan penulis teks dapat disimpulkan dari isi teks. Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah mengimbau agar perindustrian menjaga keseimbangan penggunaan oksigen. Kalimat yang berisi imbauan adalah kalimat nomor (2) Kadar tersebut harus tetap terpelihara.

113. Bacalah dengan seksama biografi berikut!
Subagio Sastrowardoyo
Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia. Sajak dan Kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan. Tahun 1966 dan 1967, sajaknya yang berjudul ”Dan Kematian Makin Akrab” merupakan pemenang hadiah majalah Horison. Tahun 1971, Subagio menerima Anugerh Seni untuk sajaknya ”Daerah Perbatasan” ( 1970 ). Tahun 1991, Subgio menerima Hadiah Sastra ASEAN untuk kumpulan sajaknya Simfoni Dua ( 1990 ).
Dalam buku Sastra Indonesia Modern II ( 1957 – 1989 ), Prof. Dr.Teeuw mengatakan , ”Subagio adalah cendikiawan yang bacaannya sangat luas seperti tercermin dalam sajak-sajaknya dan juga dari tulisan-tulisan kritiknya.” Bahkan, lebih lanjut ahli satra itu menyatakan, ” Di antara semua penyair Indonesia modern, memang dialah yang paling menarik bagi saya”.

Hal yang perlu diteladani dari tokoh Subagio Sastrowardoyo adalah . . . .

A. Subagio Sastrowardoyo adalah seorang penyair terkemuka Indonesia.
B. Sajak dan kumpulan sajaknya beberapa kali mendapat penghargaan.
C. Lewat karyanya, ia mengharumkan nama bangsa dan negara.
D. Subagio adalah cendekiawan yang bacaannya sangat luas.
E. Subagio sangat disegani di kalangan sastrawan.

Kunci Jawaban : C
Pembahasan : subagio satrawardoyo dalam kutipan biografi banyak mendapatkan banyak penghargaan yang mengharumkan nama bangsa.

114. Sebuah Negara perlu diatur dengan sistem pemerintahan yang dianggap bisa mengatasi dan mengayomi masyarakat.Salah satu sistem pemerintahan tersebut adalah demokrasi.Bagi Negara yang masyarakatnya berpendidikan cukup, sistem demokrasi bisa memajukan Negara.Namun, bagi Negara yang masih perlu pendidikan, demokrasi adalah suatu bencana.
Simpulan paragraf tersebut adalah . . . .
A.     Sistem pemerintahan bisa mengayomi masyarakat
B.     Sistem pemerintahan adalah demokrasi
C.     Sistem demokrasi memiliki kelemahan dan kelebihan
D.     Sistem demokrasi bisa memajukan negara
E.     Sistem kenegaraan memiliki corak yang berbeda-beda

Jawaban : C
embahasan : karena dalam kutipan di atas sistem demokrasi ditentukan oleh suatu negara itu.
Karena disimpulkan dari fakta kalimat 2, 3, dan 4

115. Cermatilah paragraf berikut!
Lembah Harau, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak keindahan yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. ... Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini.
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter.
B. Sebagian pemanjat tebing dunia telah mengunjungi tempat ini untuk dipanjatnya.
C. Banyak orang membandingkan Lembah Harau yang indah dengan “Grand Canyon”.
D. Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam udara yang sangat segar dan bersih.
E. Tebing granit di Lembah Harau sudah lama menjadi daya tarik wisata Provinsi Sumatra Barat.
Jawaban: A
Pembahasan :
Contoh kalimat deskriptif, “Tebing-tebing yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter (kata-kata bergaris bawah merupakan kata sifat).


LATIHAN 2

11. Karena mempelajari hubungan timbal balik antarorganisme, ekologi juga sering dikatakan sebagai biologi lingkungan. Itulah sebabnya, hutan ekologis didominasi oleh berbagai jenis pohon dan ukuran, rindang, serta menyejukkan.
Ringkasan paragraf teks tersebut di atas adalah….
a.       Potensi hutan dan keanekaragaman hayati.
b.      Hutan berfungsi sebagai penyangga tanah dan iklim.
c.       Hutan mempunyai fungsi ekologis melindungi lingkungan.
d.      Hutang berfungsi sebagai penyangga keseimbangan kehidupan.
e.       Hutan berfungsi sebagai penyimpan cadangan aneka hayati.

2.      KTT Bumi (Earth Summit) 1992 di Rio de Janeiro, telah menghasilkan konsesus internasional dengan ditanda tangani United Nations Framework Convention on Climate Change oleh sejumlah negara di dunia yang disahkan menurut UU No. 6 Tahun 1994.
Kalimat di atas jika disunting dari sisi EYD, maka yang harus diperbaiki adalah….
a.       Disahkan seharuskan disyahkan.
b.      Penulisan di Rio de Janeiro seharusnya di Rio De Janerio.
c.       Ditanda tangani seharusnya ditandatangani.
d.      Negara di dunia seharusnya Negara di Dunia
e.       Penulisan konsensus internasional seharusnya Konsensus Internasional

32. (1)Setelah Jawa Tengah dan Timur tunduk, Senopati mengalihkan perhatiannya ke Barat. (2) Dalam tahun 1595, ia berhasil memaksa Cirebon dan Galuh mengakui kekuasaannya.  (3) Sementara itu, Pati dan Demak memberontak. (4) Tentara mereka bahkan sampai dapat mendekati ibu kota Mataram. (5) Kota-kota kerajaan pada umumnya setiap sudut dijaga bala tentara yang dilengkapi senjata tumbak.
Pada teks tersebut di atas terdapat kalimat sumbang pada nomor….
a.       1                      b. 2                  c. 3                  d. 4                  e. 5
43. (1)Setiap bulannya Alini menabung sebagian gajinya di bank Permanen. (2) Dengan harapan uang yang ditabung dibank itu kelak untuk membeli rumah.(3) Selama ini ia masih mengontrak rumah, sehingga setiap tahunnya ia ke sana ke mari mencari rumah untuk dikontrak. (4) Uang gajinya selain untuk mengontrak rumah, ia gunakan untuk membiayai sekolah adiknya yang menjadi tanggung jawabnya. (5) Ia selalu bersyukur karena dapat membantu meringankan orang tuanya.
Kesalahan penggunaan  kata yang cetak miring, terdapat pada kalimat nomor ...
a.       (1) dan (2)                               c. (3) dan (4)                            e. (4) dan (5)               
b.      (2) dan (3)                               d. (3) dan (5)
54. (1) Imron         : Mengapa kau tak belajar Yen?
(2) Yeni           : Sebentar Kak, lagi asyik nonton acara kesayanganku.
(3) Ibu             : Bagaimana akan mendapat nilai baik, jika belajarmu males-malesan Yen?
(4) Imron         : Apakah nasib seseorang akan berubah kalau tak berusaha?
(5) Yeni           : Mengapa Pak Hardi di sebelah kaya?
(6) Ibu             : Pak Hardi dahulu seorang pekerja keras merintis usahanya itu Yen, jangan salah.
Kalimat tanya retoris dalam penggalan percakapan di atas adalah....
a.       1 dan 2                                    c. 3 dan 4                 e. 5 dan 6           
b.      2 dan 3                                    d. 4 dan 5
65. Bagi mereka yang kontra terhadap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa), kabar bahwa teknologi PLTSa tidak bertentangan dengan RUU Pengelolaan Sampah, tentu bukan kabar yang sedap didengar. Kabar itu sepertinya dapat menjadi palu yang melemahkan daya juang mereka. Sebaliknya, bagi mereka yang pro pembangunan PLTSa, pernyataan tersebut merupakan kabar penuh dengan harapan.
Isi tajuk tencana di atas adalah....
a.       Rencana Undang-Undang PLTSa
b.      penolakan para elite politik tentang PLTSa
c.       Pro dan kontra pembangunan PLTSa                                                                          
d.      Kepentingan di balik pembangunan PLTSa
e.       Pendapat ahli tentang pendirian PLTSa
76. Tingginya kadar asam urat dalam darah sering terjadi tanpa ada gejala. Namun, kadar asam urat tinggi tidak boleh dibiarkan. Sebab, jika tidak ada upaya pengobatan, ada sejumlah risiko yang harus siap Anda bayar di kemudian hari. Goul, batu di saluran kencing dan timbunan asam urat di ginjal adalah beberapa contoh akibat kita membiarkan tingginya asam urat.
Penanda proses dalam teks di atas terdapat pada kata….
a.       Kemudian                                           d. serangan
b.      pengobatan                                        e. Saluran
c.       timbunan

87. Penulisan partikel pun yang benar kalimat di bawah adalah...
    1. Sekalipun harganya murah, sekalipun tidak pernah membelinya
    2. Sekali pun harganya murah, sekalipun tidak pernah membelinya
    3. Sekali pun harganya murah, sekali pun tidak pernah membelinya
    4. Sekalipun harganya murah, sakali pun tidak pernah membelinya
    5. Walau pun harganya murah, sekalipun tidak pernah membelinya
  1. Nanar, aku gila sasar
Sayang berulang padamu jua
engkau pilih menarik ingin
Serupa dara di balik tirai
Unsur instrinsik yang dominan penggalan puisi di atas adalah...
    1. Tema                                     d. ritma
    2. Amanat                                 c. Rima                                  e. majas
PEMBAHASAN : Anda perhatikan baris akhir puisi tersebut : majas simile
19. Kalimat yang efektif adalah...
    1. Obat ini dapat menghilangkan bibir pecah-pecah dan sariawan
    2. Untuk guru yang tidak mengajar hari ini agar mengikuti upacara di lapangan
    3. Salah satu pekerjaan lain yang ditekuni ibuku adalah menyulam
    4. Bapak gubernur menghadiri acara yang diselenggarakan di desa kita.
    5. Pekerjaan ini selambat-lambatnya paling akhir 23 Januari 2010
PEMBAHASAN :N Ciri Kalimat efektif, antara lain : ---makna kalimat tidak menimbulkan penalaran yang salah. ---tidak terdapat makna kata secara konotasi. ---tidak menggunakan kata bermakna pleonasme (berlebihan). ---tidak terkontaminasi (struktur, bentuk kata dengan kata/bahasa daerah/asing). ---tidak salah menempatkan kata keterangan dalam kalimat. ---menggunakan struktur kalimat secara umum dsb. (D)

  1. Penulisan huruf kapital yang tidak sesuai EYD terdapat dalam kalimat....
    1. ”Silakan duduk, Pak!” kata Merry kepada orang itu.
    2. Ayahnya bertanya, ”Adikmu sudah pulang?”
    3. Pamannya pernah menjabat sebagai Bupati di kota ini
    4. Kakaknya yang paling tua sekarang sudah bekerja di Bandung
    5. Mereka tinggal di lereng Gunung Merbabu
PEMBAHASAN : (C). Jabatan ditulis huruf capital jika diikuti nama orang.
110. (1) Kita pertanyakan keseriusan pemerintah menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik, khususnya angkutan darat. (2) Sampai kini, belum terlihat upaya signifikan ke arah itu. (3) Bahkan, kita melihat kemacetan parah setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta. (4) Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik itulah pemicu konsumsi BBM semakin melonjak. (5) Buktinya, sektor transportasi darat menyedot 90 persen BBM bersubsidi, mobil pribadi mengonsumsi 53 persen dan sepeda motor 40 persen. (6) Menggunakan kendaraan pribadi walau ongkos mahal menjadi pilihan efektif ketika solusi alternatif bagi masyarakat tidak tersedia. (7) Kita ingatkan, jangan sampai pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi demi APBN lantas masyarakat berkorban berkali-kali lipat karena kehilangan kesempatan peningkatan produktivitas, akibat kelangkaan BBM yang merugi, melainkan secara umum pertumbuhan ekonomi pun terhambat.
Masalah dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
A. Pemerintah tidak serius dalam menyediakan infrastruktur dan sarana transportasi publik.
B. Kegagalan pemerintah di sektor transportasi publik memicu konsumsi BBM semakin melonjak.
C. Kemacetan lalu lintas parah terlihat pada setiap saat di kota-kota besar, khususnya di Jakarta.
D. Pemerintah ingin menghemat anggaran subsidi APBN, tetapi dalam kenyataannya malah sebaliknya.
 E. Pertumbuhan ekonomi terhambat dan terjadi kelangkaan BBM karena pemerintah menaikkan harga
     BBM.
Kunci Jawaban : A
Pembahasan : karena berbagai masalah dalam tajuk rencana di atas disebabkan oleh ketidakseriusan pemerintah dalam menyediakan transportasi publik.
111. Lembah Harau, di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat merupakan jurang yang besar dengan diameter mencapai 400 meter. Di Harau ini banyak keindahan yang memukau. Tebing-tebing granit menjulang tinggi dengan bentuknya yang unik mengelilingi lembah. ... Dari mulai memasuki Lembah Harau, pengunjung sudah menikmati tebing-tebing granit ini.
Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....
A. Tebing-tebing granit yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter.
B. Sebagian pemanjat tebing dunia telah mengunjungi tempat ini untuk dipanjatnya.
C. Banyak orang membandingkan Lembah Harau yang indah dengan “Grand Canyon”.
D. Pengunjung menikmati keindahan alamnya dalam udara yang sangat segar dan bersih.
E. Tebing granit di Lembah Harau sudah lama menjadi daya tarik wisata Provinsi Sumatra
     Barat.

Jawaban: A
Pembahasan :
Contoh kalimat deskriptif, “Tebing-tebing yang terjal ini mempunyai ketinggian 80-300 meter (kata-kata bergaris bawah merupakan kata sifat).
Perhatikan relevansi antara kalimat sebelum dan sesudah rumpang.
112. (1) Pemilik kos harus bertindak tegas kepada mereka yang terlibat sebagai pengedar atau
      pengguna narkoba yaitu mempersilakan meninggalkan tempat kos.
(2) Masalah narkoba di kota besar tidak terlepas dari peran pemilik kos.
(3) Di samping itu, mereka juga dapat terlepas dari hal-hal negatif yang menyesatkan.
(4) Aturan tersebut diambil agar para pelajar dan mahasiswa dapat konsentrasi dalam belajar.
(5) Sudah selayaknya jika para pemilik kos membuat aturan bahwa penghuni kosnya harus
      bebas narkoba dan obat-obatan terlarang.
      Agar menjadi paragraf yang padu, kalimat-kalimat tersebut harus disusun dengan urutan ....      
       A. (2), (1), (3), (5), dan (4)                C. 2, 1, 5, 4, dan 3                  E. 4, 3, 1, 2, dan 4
       B. (2), (1), (4), (3), dan (5)                D. 4, 2, 1, 5, dan 3
Jawaban : C
Menurut kami jawabannya adalah C karena urutanya adalah 2 (peran pemilik kos), 1 (pemilik kos harus bertindak tegas), 5 (pemilik kos harus membuat aturan), 4 (alasan perlunya aturan), dan 3 ( dampak positif aturan tersebut)
113. Dua minggu menjelang Ramadhan, the Islamic Forum seperti biasanya  …  dengan peserta dialog. Sebagian besar memang adalah para muallaf dan nonmuslim yang sudah beberapa bulan belajar Islam. Salah satu dari nonmuslim itu adalah seorang gadis, hampir saja kusangka gadis Aceh atau Bangladesh. Ia kelihatan …  dan sopan, tapi  ... dalam mempertanyakan banyak hal.
Frasa adjektiva yang tepat untuk mengisi titik-titik dalam kalimat pada paragraf di atas adalah… .
A.  sangat sepi, pemalu sekali, lebih pemalu
B.   lebih ramai, terlalu muda, kurang perhatian
C.   amat jelas, perhatian sekali, sangat cermat
D.  sangat padat, pendiam sekali, sangat kritis
E.   kurang peduli, amat suka, sangat tenang

Kunci Jawaban : D
114. Cermati penggalan puisi berikut!
Wahai deru …
Janganlah kau melangkah di jalan keputusan
Karena di ala mini ternyata berjuta harapan
Janganlah kau berlalu mengarah pada kegelapan
Karena di ala mini terdapat cahaya iman
Tema puisi di atas adalah…
a.       Cahaya iman               c. kegelapan                e. penyemangat
b.      Kepercayaan               d. keputusan

KUNCI JAWAB : (E)
Pembahasan : Tema puisi merupakan gagasan pokok yang menjiwai keseluruhan isi puisi. Jadi tema adalah pokok persoalan yang diungkapkan penyair dalam karyanya. Dari kalimat-kalimatnya, yaitu ‘janganlah kau melangkah di jalan keputusan,’ ‘ karena di alam ini ternyata berjuta harapan’ dst…yang menyatakan adanya arahan untuk bersemangat.
115. Dan kebanyakan anak-anak Melayu miskin di kampung kami yang rata-rata beranjak dewasa mulai bekerja mencari uang. Aria-lah yang mengajariku mencari akar bahar untuk dijual kepada pedagang ikan. Akar ini digunakan penjual ikan untuk menusuk insang ikan agar mudah ditenteng pembeli …
(Andrea Hirata, Sang Pemimpi)
Unsur ekstrinsik penggalan novel di atas adalah ….
A. Pendidikan.
B. Sosial.
C. Moral./
D. Politik
E. Nasionalisme.
116. Meski hidupnya kecukupan bersama istri, Pak Atmo merasa kurang dan sepi. Ia sudah kehilangan buah hati yang amat ia cintai. Semua rasa itu dituangkannya dalam media, yaitu topeng. Ia membentuk wajah anaknya lewat pahatan topengnya. Hingga akhirnya ia meninggal setelah membuat topeng anaknya yang terakhir oleh karena usianya telah lanjut. Istrinya lalu mengikutinya dan mereka saling bertemu dengan ketiga anaknya di surge.
Baris pertama kutipan teks cerpen di atas menggunakan majas….
a.       Paradox]                                              c. metafora                         e. asosiasi
b.      personifikasi                                      d. alegori
117. Ada ungkapan yang menyatakan bahwa bahasa merupakan pembuka dan penyebar pengetahuan. Hal itu dimungkinkan karena perkembangan pengetahuan, termasuk kebudayaan dan teknologi, yang semakin cepat dan pesat tidak akan tersebar luas tanpa adanya sarana yang dapat digunakan untuk menyebarluaskannya. [ … ] Dengan kata lain, bahasa sebagai salah satu alat komunikasi mempunyai peranan yang penting dalam penyebarluasan itu.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut di atas adalah….
a.       Salah satu sarana tersebut adalah bahasa.]
b.      Bahasa merupakan alat penyebar informasi.
c.       Bahasa menjadikan komunikasi berjalan lancer.
d.      Teknologi dapat dikembangkan melalui bahasa
e.      Bahasa adalah sarana berkembangnya suatu budaya
218. Tambah hari aku tambah yakin bahwa kita harus melawan dan tak boleh menangguhkan perlawanan terhadap segala bentuk pemerasan, kepalsuan, dan penipuan. Aku tidak puas dengan dunia seperti sekarang ini. Banyak di antara orang-orang yang rakus itu mendengung-dengungkan hal-hal yang memang perlu kita perhatikan, yang memang mesti kita resapkan seperti pemerasan manusia harus dikikis habis! Tapi, kelakuan mereka sendiri seperti bertentangan dengan pidatonya itu. Begitu selesai pidato, mereka seperti bunglon, lantas mengubah warna kulitnya. Tidaklah jarang bahwa kepalsuan, pemerasan, penipuan, dan penyelewengan itu dilakukan orang-orang yang dulu sungguh-sungguh berbakti untuk Negara dan bangsa. Kita seharusnya menolak orang-orang seperti itu.

Rumusan tema yang sesuai dengan penggalan novel di atas adalah….
a.       Sikap-sikap kemunafikan para pejuang
b.      Dunia sekarang ini serba kepalsuan
c.       Pandai bicara tidak bisa melakukannya
d.      Segala bentuk kemunafikan harus dilawan]
e.      Pemerasan, penipuan, kepalsuan, terjadi di mana-mana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar