Minggu, 03 Mei 2015

SOAL DAN PEMBAHASAN

SOAL-SOAL BI
1. Kita perlu meniru langkah Cina, Thailan, dan Jepang dalam melindungi petani dalam negerinya dalam bentuk penetapan tariff impor komoditas pertanian yang tinggi. Thailan menerapkn tariff impor beras sebesar 120%, Cina 150%, dan Jepang 400%. Tarif impor beras kita yang hanya 30% seperti saat ini masih terlalu rendah dan perlu dinaikkan setidaknya menjadi 60%. Penerapan tariff impor yang tinggi akan menaikkan harga beras petani dalam negeri. Kita tidak perlu takut dengan harga beras petani yang tinggi. Kalau-kalau harga beras tinggi otomatis petani akan menaikkan produksinya karena produksi beras secara ekonomis dinilai menguntungkan.  
Wacana tersebut di atas termasuk karangan jenis…
    1. Narasi                                                 d. deskripsi
    2. Eksposisi                                            e. persuasi
    3. Argumentasi
Pembahasan :  (E) Karangan tersebut bertujuan mempengaruhi emosi/mengajak/membujuk (pemerintah) agar mau meniru langkah Cina, Thailand an Jepang.  Di samping itu perhatikan kalimat yang menyatakan “kita tidak perlu takut…..dst.  Kalimat tersebut bernada membujuk.
2. (1) tidak semua orang senang tentang hal ini. (2) Bank, sekolah, perusahaan, dan pusat kesehatan semuanya menggunakan teknologi informasi untuk menyimpan data tentang orang. (3) Undang-undang ini mencegah pelaksanaan pengiriman data tanpa izin. (4) Mereka khawatir ini akan membeberkan informasi yang seharusnya dirahasiakan. (5) Untuk melindungi cara data disimpan dan digunakan harus ada peraturan yang diberlakukan.
Kalimat-kalimat di atas dapat disusun menjadi paragraf deduktif, dengan urutan yang tepat adalah...
    1. 2, 1, 4, 5, dan 3                                         d. 2, 1, 4, 3, dan 5
    2. 1, 2, 4, 3, dan 5                                          e. 2, 4, 1, 5, dan 3
    3. 1, 2, 4, 5, dan 3
Pembahasan : (A) Paragraf deduktif adalah paragraf yang dikembangkan dari pikiran umum menuju ke pikiran khusus. Kalimat (nomor 2) merupakan kalimat yang mengandung pikiran umum, karena perlu dijelaskan/didukung oleh kalimat-kalimat lainnya. Jadi, selain kalimat nomor 2, semuanya merupakan kalimat yang mengandung pikiran khusus, maksudnya kalimat-kalimat tersebut hanya sebagai penjelas/mempertegas fungsi kalimat 2. 

3.   (1) Lowongan kerja di sebuah perusahaan perkebunan di Pulau Seram, Ambon, saat ini masih sepi peminat. (2) Padahal, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Klaten berhasil menjalin kerja sama dan mampu menampung tenaga kerja hingga 40 orang. (3) Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Drs. Sukojo menyatakan, sepinya peminat ini diperkirakan karena persepsi orang menilai bahwa Pulau Seram masih menjadi wilayah konflik.  (4) Di Pulau Seram, jelas Sukojo, pekerja bisa mengajak keluarganya menetap di sana.  (5) Dia menjelaskan, UMK (Upah Minimum Kabupaten) setempat ini masih Rp 500.000,00.  
Kalimat yang merupakan fakta adalah...
    1. 3, 4, dan 5                             c. 1, 2, dan 5                          e. 3 dan 4
    2. 1, 2, 3, dan 5                         d. 2, 3, dan 5
Pembahasan : Kalimat nomor (1) menjelaskan tempat (di mana?), kalimat nomor (2) mejelaskan (kapan?), dan kalimat nomor (5) menyatakan pernyataan jumlah (berapa?). Maka jawaban yang tepat (C)


4.  Kami menyusuri jalan-jalan desa, jalan-jalan setapak, naik turun pegunungan di daerah Kabupaten Wonogiri. Kami yang masih muda-muda dan sehat merasakan betapa berat dan lelah menelusuri rute yang pernah dilalui Jenderal Sudirman dalam bergerilya melawan Belanda. Padahal, ketika itu Pak Dirman dalam keadaan sakit. 
Tanggapan positif tehadap laporan napak tilas di atas adalah...
    1. Daripada membuang-buang waktu untuk jalan-jalan, lebih baik belajar mengingat tugas utama pelajar adalah belajar dan mengisi kemerdekaan ini
    2. Yang lalu biarlah berlalu, kita sebagai generasi muda mengemban tanggung jawab yang berbeda dan para pejuang ’tempo dulu’, napak tilas boleh ada boleh tidak
    3. Sekarang sudah merdeka, mari kita tatap masa depan dengan mengisi kemerdekaan ini dengan menguasai IPTEK, bukan dengan jalan-jalan
    4. Generasi muda memang perlu ’napak tilas’ gerilya para pejuang sehingga mereka tahu betapa besar pengorbanan para pendahulu kita ini untuk meraih kemerdekaan
    5. Kita akan menghadapi tantangan yang berbeda sehingga lebih baik mengantisipasi tantangan ke depan daripada napak tilas
Pembahasan : (D), tanggapan positif adalah tanggapan memberikan dukungan terhadap pokok persoalan. Tanggapan negatif, tanggapan yang tidak mendukung/menentang/berlawanan dengan pokok persoalan.


5. Tema :  ”Kendaraan Berenergi Surya Sebagai Alternatif Kendaraan Masa Depan”     
Pokok pikiran :       (1) Energi merupakan energi alternatif yang harus dikembangkan untuk kendaraan;  (2) Kelangkaan minyak sudah mulai terasa di banyak negara;   (3) Kalau berhasil, ke mana-mana kita bisa gratis dan bebas polusi;  (4) Di Indonesia cadangan minyak diperkirakan akan habis 20 tahun mendatang;  (5) Hampir semua kendaraan saat ini menggunakan energi minyak.   
Pokok pikiran tersebut di atas akan menjadi kerangka karangan yang baik jika disusun...
    1. 1, 4, 5, 2, dan 3                        c. 5, 2, 1, 4, dan 3                 e. 5, 3, 1, 2, dan 4
    2. 3, 1, 5, 2, dan 4                        d. 5, 2, 4, 1, dan 3
Pembahasan :  Langkah mengarang pertama adalah menentukan tema. Selanjutnya berdasarkan tema tersebut kita susun kerangka karangan. Langkah berikutnya adalah menguraikan kerangka tersebut menjadi karangan.  Jadi, kerangka sistematis berdasarkan tema di atas adalah urutan seperti jawaban (D)
6.   ..... Alasan utama adalah kebersihan tanaman terjamin sehingga bisa dilakukan di kamar tidur sekalipun. Alasan lain tentu banyak sekali karena hampir semua tanaman bisa ditanam dengan cara hidroponik. Hasilnya sudah teruji lebih melimpah dibandingkan bercocok tanam di lahan atau di sawah.  
Kalimat pembuka yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang di atas adalah...
    1. Bertanam secara hidroponik mendatangkan keuntungan
    2. Ada beberapa alasan yang menarik untuk berhidroponik
    3. Pada kenyataannya, dengan sistem hidroponik dapat menghasilkan jenis tanaman yang baik
    4. Bertanam secara hidroponik istilah populernya adalah berkebun tanpa tanah
    5. Alasan bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai tempat menanam tanaman

Pembahasan :  Perhatikan soal di atas pada  kalimat pertama...alasan utama....  dan hubungkan dengan pernyataan (B) Ada beberapa alasan.... Pernyataan (B) itulah yang tepat sebagai kalimat pembuka untuk melengkapi paragraf rumpang di atas.


7. Penyelenggaraan transmigrasi terus disempurnakan, lahan yang memadai dan layak bagi usaha produktif terus diupayakan. Pengadaan lahan dilakukan dengan perencanaan terpadu. Koordinasi dengan sektor-sektor pembangunan yang terkait terus dimantapkan. Semua itu diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan para transmigran.  Gagasan pokok paragraf di atas adalah...
    1. Transmigrasi untuk kesejahteraan masyarakat
    2. Lahan yang memadai untuk usaha produktif
    3. Pengkoordinasian dengan sektor-sektor terkait
    4. Perencanaan terpadu untuk pengadaan lahan
    5. Penyempurnaan penyelenggaraan transmigrasi

  1. ”Selamat malam para persawan di rumah.” Saya Arif Sudarso bersama Desi Fauziah akan membacakan berita, di antaranya berita kenaikan tarif listri.   Kalimat pembuka berita di atas supaya tepat, diubah...
    1. Selamat malam, para penonton TV di rumah...
    2. Selamat malam, para pirsawan TV yang terhormat...
    3. Selamat malam, pirsawan di rumah...
    4. Selamat malam, pirsawan sekalian di rumah
    5. Salamat malam, pemirsawan sekalia, berjumpa dengan Arif bersama Desi pembawa acara...

Pembahasan : Kalimat pembuka berita di atas agar menjadi tepat, dihilangkan kata ”para”. Pirsawan menunjukkan jamak. (menyatakan semua pemirsa.  Akhiran ”wan” bermakna mewakili dari keseluruhan/semua penonton)


9. Semua siswa SMK wajib mengenakan seragam putih abu-abu mulai hari Senin sampai Rabu, jika sekolah. Untari adalah siswa SMK.  
Simpulan dari premis mayor dan minor kalimat tersebut adalah...
a.        Untari wajib mengenakan seragam putih abu-abu mulai hari Senin sampai Rabu, jika sekolah
b.        Seragam putih abu-abu dipakai oleh semua siswa SMK, jika sekolah
c.        Untari dan semua siswa SMK wajib mengenakan seragam putih abu-abu, jika sekolah
d.        Semua siswa dan Untari wajib mengenakan seragam putih abu-abu, jika sekolah
e.        Hanya Untari wajib mengenakan seragam putih abu-abu mulai Senin sampai Rabu, jika sekolah

Pembahasan : Simpulan adalah subjek premis minor (khusus), dan predikat premis mayor (umum)

  1. Premis Minor         : Pak lurah mempunyai kendaraan bermotor. Kesimpulan : Pak Lurah wajib membayar pajak
    1.            
Dari premis khusus dan kesimpulan dari data di atas, maka rumusan premis umumnya      
adalah...

    1. Setiap wajib pajak mempunyai kendaraan bermotor
    2. Setiap Lurah pemilik kendaraan bermotor
    3. Pak lurah memiliki kendaraan bermotor wajib membayar pajak
    4. Setiap pemilik kendaraan bermotor wajib membayar pajak
    5. Setiap pembayar pajak pasti Pak Lurah
11. Kami mengiringi jenazah hitam
      depan kami kereta mati bergerak pelan
      orang-orang berjalan menunduk diam
      dicekam hitam bayangan
      makam muram awam muram
      menanti perarakan ini di ujung jalan
      ....
Hartoyo Andangjaya
Keistimewaan penggalan puisi di atas berupa penggunaan...
    1. Berbagai macam majas                        d. Jumlah suku kata yang tetap
    2. Tema yang tidak lazim                         e. Pola pembaitannya
    3. Rima silang
Pembahasan : ketidaklaziman pada  tema puisi yang belum pernah digunakan oleh pengarang lain, dan tidak pada umumnya, karena pada umumnya jenazah identik dengan warna putih bukan ’hitam’

12.Tatkala aku masuk MULO, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya selumepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda.                    ( ”Kenang-kenangan” Oleh Abdul Gani A.K.)
Amanat dalam penggalan cerpen di atas adalah...
    1. Jangan cepat menyerah pada keadaan bagaimanapun juga
    2. Jangan membuang waktu, selagi masih ada kesempatan
    3. Sebaiknya kita menyesuaikan diri dengan keadaan
    4. Jangan lupa diri bila menguasai bahasa orang
    5. Jangan mudah dipengaruhi oleh orang lain
Pembahasan :  Amanat adalah pesan yang disampaikan penulis melalui tulisannya/karangan. Melalui kutipan di atas penulis memberikan secara analitis dalam dialog-dialog yang disajikan pada kutipan tersebut. Pesan merupakan pesan bernilai didik baik kepada pembacanya.


13.  Beberapa bulan lagi Arif akan genap tiga puluh lima tahun. Dibandingkan dengan angkatannya, ia sudah dipandang sangat terlambat memperoleh istri. Bukan karena telunjuknya bengkok atau kopong, melainkan karena idealisnya yang meluap-luap dalam lapangan sosial dan kebudayaan. Ketika ia menyadari bahwa  perjuangan takkan selesai meski ia akan hidup terus sebagai jejaka, namun untuk memperoleh seorang istri tidaklah begitu mudah baginya. Ada tiga macam halangan yang tak begitu mudah ditembus akal sehatnya.   
Tokoh Arif dalam penggalan cerpen di atas berwatak...
    1. Terlalu perhitungan             c. Berprinsip                         e. sombong
    2. Idealis                                     d. Sangat emosional
Pembahasan : Teknik mengenali karakteristik/watak tokoh, ada dua cara, yaitu cara analitis (pengarang melalui dialog antar tokoh atau secara langsung menggambarkan perwatakan tokohnya).  Dan dengan teknik dramatis (untuk mengenali watak tokoh harus mengikuti jalan ceritanya secara cermat, menganalisis secara teliti dan berulang-ulang). Penggalan cerita di atas teknik yang digunakan secara analitis, anda perhatikan kata ’idealisnya’ dalam teks tersebut.

14.  Karena ibu Monang sudah menjadi ”nyonya” terlebih dahulu, ia mempunyai hak terbesar terhadap anaknya. Sudah begitu banyak modal yang ditanamnya dalam anaknya itu. Dikirim ke Jakarta untuk sekolah, kemudian di ITB, dan sekarang ingin dimakannya buahnya. Bukankah untuk itu orang mempunyai anak, agar di hari tua dapat makan bunganya?    (Raumanen, Mariane Katopo).  Amanat yang disampaikan dalam penggalan novel di atas adalah...
    1. Ibu Monang adalah nyonya ibu yang bijaksana dan besar hati
    2. Ibu Monang sudah banyak mengeluarkan biaya untuk sekolah Monang
    3. Tugas ibu adalah membesarkan anaknya dan memberikan pendidikan yang layak
    4. Ibu terhormat karena keberhasilan anaknya
    5. Ibu tidak berharap akan balasan dari anaknya yang berhasil/sukses
Pembahasan : Tokoh ibu Monang dalam nukilan novel di atas digambarkan berwatak egois yaitu, dia merasa memiliki hak terhadap anaknya, karena merasa sudah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyekolahkan anaknya hingga berhasil meraih kesuksesan. Pengarang  berpendapat bahwa sikap tersebut tidak baik/tidak mulia.  Maka amanat yang hendak disampaikan pengarang adalah ”sebaiknya seorang ibu tidak berharap berlebian balasan dari anaknya.


15. Penyelenggaraan transmigrasi terus disempurnakan, lahan yang memadai dan layak bagi usaha produktif terus diupayakan. Pengadaan lahan dilakukan dengan perencanaan terpadu. Koordinasi dengan sektor-sektor pembangunan yang terkait terus dimantapkan. Semua itu diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan para transmigran. 
Gagasan pokok paragraf di atas adalah...
    1. Transmigrasi untuk kesejahteraan masyarakat
    2. Lahan yang memadai untuk usaha produktif
    3. Pengkoordinasian dengan sektor-sektor terkait
    4. Perencanaan terpadu untuk pengadaan lahan
    5. Penyempurnaan penyelenggaraan transmigrasi
16. ”Selamat malam para persawan di rumah.” Saya Arif Sudarso bersama Desi      
      Fauziah akan membacakan berita, di antaranya berita kenaikan tarif listri.   
      Kalimat pembuka berita di atas supaya tepat, diubah...
    1. Selamat malam, para penonton TV di rumah...
    2. Selamat malam, para pirsawan TV yang terhormat...
    3. Selamat malam, pirsawan di rumah...
    4. Selamat malam, pirsawan sekalian di rumah
    5. Salamat malam, pemirsawan sekalia, berjumpa dengan Arif bersama Desi pembawa acara...
Pembahasan : Kalimat pembuka berita di atas agar menjadi tepat, dihilangkan kata ”para”. Pirsawan menunjukkan jamak. (menyatakan semua pemirsa.  Akhiran ”wan” bermakna mewakili dari keseluruhan penonton)


17. Perhatikan susunan kerangka karangan berikut : (1) Manfaat olahraga;  (2) Penutup;  (3) Pendahuluan;   (4) Kata pengantar;  (5) Kesimpulan;  (6) Olahraga dan kesehatan;  (7) Sehat itu penting.   
Urutan kerangka karangan yang tepat berdasarkan data di atas adalah...
    1. 6-7-3-4-1-5-2                        c. 4-3-6-1-7-5-2                    e. 6-7-3-5-4-1-2
    2. 3-1-4-7-6-2-5                        d. 5-1-6-7-2-3-4
18. Objek wisata yang menawan dan dilengkapi dengan atraksi seni budaya daerah banyak menentukan keberhasilan pemasaran objek wisata tersebut.   Berdasarkan persoalan tersebut jika dibuat judul karya tulis yang tepat adalah...
    1. Pemasaran objek wisata perlu terus ditingkatkan
    2. Objek wisata yang menawan banyak menarik wisatawan
    3. Pemaduan objek wisata dan seni budaya
    4. Keberhasilan pemaduan objek wisata dan seni budaya
    5. Peningkatan pemasaran objek wisata dan seni budaya
19.  Topik ”Suasana Malam”
Kalimat penjelas : (1) Udara malam sangat lembab dan basah. (2) rintik-rintik hujan masih tampak disela-sela kilat. (3) Orang lalu-lalang pulang ke rumah. (4) di langit tidak terlihat bintang. (5) kelelawar terbang di malam hari.  Kalimat penjelas yang sesuai dengan topik tersebut adalah...
    1. 1, 2, dan 4                             c. 2, 3, dan 4                         e. 3, 4, dan 5
    2. 1, 3, dan 5                             d. 2, 4, dan 5
Pembahasan : kaliat 3 dan 5; orang lalu lalang, dan kelelawar beterbangan, tidak melukiskan suasana pada malam hari. Kelelawar menunjukkan suasana sore hari.

 20.   Perhatikan puisi berikut!                           
  Tapi
aku bawakan bunga padamu
tapi kau bilang masih
aku bawakan resahku padamu
tapi kau bilang hanya
aku bawakan darahku padamu
tapi kaubilang Cuma
aku bawakan mimpiku padamu
tapi kau bilang meski
aku bawakan dukaku padamu
tapi kau bilang api
aku bawakan mayatku padamu
tapi kau bilang hampir
aku bawakan arwahku padamu
tapi kau bilang kalau
tanpa apa aku datang padamu
Wah!
Maksud isi puisi karya Sutarji Calzoum Bachri di atas adalah...
a.       Tentang ejekkan                  c. Tentang perjuangan        e. Tentang penyesalan
b.       Tentang permohonan         d. Tentang pengabdian
Pembahasan :  Puisi tersebut merupakan ungkapan penyesalan penulisnya, karena apapun yang dibawakan selalu mendapatkan tanggapan yang selalu mengecewakan

SOAL LATIHAN UTS GASAL (1)
1. Bacalah penggalan Cerpen berikut!

Belum lagi kalau teman-teman datang. Dia mulai bertingkah kaya cacing kepanasan, sibuk cari perhatian. Apalagi kalau yang datang cowok, wah, langsung resek, deh, dia, ketawa-ketawa centil dengan suara cempreng-nya. Ingin rasanya aku bentak dia. Sayang Ibu selalu melarang. “Sabar Rit,” kata Ibu berulang-ulang.
Penggalan cerpen tersebut unsur instrinsik yang paling dominan adalah ....
A. tema
B. alur
C. tokoh
D. perwatakan
E. sudut pandang
2. Dengan patuh aku tidak melepaskan tangan pembantu. Dari ruang makan, pintu menuju ke tangga yang turun ke bagian latar, diteruskan jalan pendek bernaungkan atap, disambung tangga lain, dan sekali lagi turun sampai ke bagian rumah belakang. Bagian ini terdiri dari : kandang ayam di sebelah kiri, dua kamar mandi yang masing-masing kami sebut sebelah timur dan sebelah barat, di tengah-tengah bertentangan dengan tangga terdapat sebuah bak dan tempat pencucian pecah-belah serta alat-alat dapur bersama rak pengeringan. …
(Sebuah Lorong di Kotaku, Nh. Dini)
Unsur instrinsik latar penggalan novel tersebut di atas adalah….
A. Ruang makan C. tangga E. bagian rumah belakang
B. Rumah. D. bagian latar
3. … Pada suatu liburan, Samsul Bahri pulang dan menemui Siti Nurbaya. Pertemuan ini diketahui oleh Datuk Maringgih sehingga menimbulkan keributan yang menyebabkan Baginda Sulaiman yang sedang menderita sakit, jatuh hingga meninggal. Siti Nurbaya diusir lalu tinggal di rumah bibinya. Samsul Bahri juga diusir oleh ayahnya karena dianggap bertindak tidak senonoh. Samsul Bahri akhirnya melarikan diri ke Jakarta.
Unsur instrinsik yang dominan pada penggalan roman di atas adalah…
A. Penokohan C. setting E. Plot
B. Sudut pandang D. tema
4. Yang paling aku tidak suka adalah sifat Kania yang selalu menyalahkan orang lain, padahal dia sendiri yang melakukan kesalahan, kalau takut resiko seharusnya tidak berbuat sesuatu yang akan merugikan dia sendiri.
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah...
A. Datang tampak muka pergi tampak punggung; air cucuran atap jatuhnya ke pelimbanan juga.
B. Besar kapal besar pula gelombangnya; bila mengikat hendaknya bertali.
C. Bunga yang harum itu ada juga durinya, bergantung pada akar lapuk.
D. Buruk muka cermin dibelah; kalau takut dilimbur pasang jangan berumah di tepi pantai.
E. Kalah jadi abu menang jadi arang; indah kabar dari rupa.
5. Perhatikan ilustrasi berikut ini!
(1) Bel masuk baru saja dibunyikan, tiba-tiba datanglah segerombolan siswa dari sekolah lain. (2) Mereka adalah para siswa yang memiliki identitas sekolah. (3) Di antara siswa tersebut ternyata ada satu orang yang saya kenal, ia Nanang, tetangga saya. (4) Nanang adalah anak baik dan sudah duduk di kelas tiga. (5) Berarti sebulan lagi, ia akan tamat sekolahnya.
Kata berkonotasi negative terdapat pada kalimat nomor….
A. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5
6. Saya bercita-cita menjadi sastrawan sejak SLTA, tetapi sudah mulai menulis gurindam ketika masih kelas dua SD di Semarang. Gurindam empat baris saya itu dimuat di koran tempat ayah saya bekerja sebagai Jurnalis. Sajak-sajak saya mulai dimuat di Mimbar Indonesia dan Kisah, ketika saya masih kelas dua di suatu SLTA di Pekalongan. Saya lahi di Bukit Tinggi, 25 Juni 1955 dan dibesarkan di Pekalongan, saya tumbuh dewasa di kalangan keluarga guru dan wartawan.
Penggalan karangan di atas termasuk...
A. Opini D. biografi
B. Esai         E. otobiografi
C. Cerpen

7. Sampai pagi aku tak bisa tidur. Benakku penuh diisi keputusan menceraikan dan tidak menceraikan Asmah. Aku ragu, apakah Asmah benar-benar terlindung dari derita bila berada di tangan Burham. Aku tak mau membuat penderitaan baru dalam kehidupan Asmah, di samping dituduh orang melepaskan Asmah ke mulut harimau. Mungkin saja niat Burham membujuk Asmah karena kesepiannya dan setelah kesepian tersebut hilang ia melemparkan Asmah begitu saja. Aku punya hak untuk tidak melepaskan Asmah alias menceraikannya.  
(Kawin Sementara, Taufik Ismail)
Watak tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah...
A. Tidak bertanggung jawab D. penakut
B. Tidak berpendirian E. pembujuk
C. Pendendam
8. Pulau Belitung yang makmur seperti mengasingkan diri dari tanah Sumatera yang membujur dan di sana mengalir kebudayaan Melayu yang tua. Pada abad ke-19, ketika koperasi secara sistematis mengeksploitasi timah. Kebudayaan bersahaja itu mulai hidup dalam karakteristik sosiolog yang atribut-atributnya mencerminkan perbedaan sangat mencolok seolah status berkasta-kasta.
(Laskar Pelangi, Andrea Hirata).
Unsur ekstrinsik penggalan novel tersebut yang dominan tentang nilai-nilai...
A. Budaya D. moral
B. Agama E. sosial
C. Pendidikan
9. Cermati kalimat poster berikut!
Hutan ditebang banjir bandang menerjang!
Maksud kalimat poster di atas adalah ....
A. Terjadinya banjir selama ini karena kecerobohan kita menebang pohon di hutan secara sembarangan.
B. Jangan menebang pohon di hutan tanpa perhitungan yang baik karena dapat mengakibatkan banjir bandang
C. Kita wajib melestarikan hutan karena hutan dapat mencegah terjadinya banjir bandang.
D. Kesadaran kita akan pelestarian hutan masih sangat kurang sehingga negeri kita sering dilanda banjir.
E. Mari kita galakkan penanaman pohon di hutan agar banjir bandang tidak menerjang.
10. Cermati penggalan dialog berikut!

Agung :   “Lis, mengapa kamu masuk SMK? Enakan gua, masuk SMA.”
Lilis :   “. . . .”
Agung :   “Oh, begitu. Tapi, apa lulus SMA tidak bisa bekerja?”
Lilis :   “Kata guruku, tujuan SMK adalah membekali siswa agar bisa hidup mandiri. Sementara kalau tujuan SMA agar siswanya mampu mengembangkan ilmunya.”
Agung :   “Tapi, ngapain kamu tidak mau ngembangin ilmu, misalnya setelah tamat dari SMK kamu bisa kuliah?”
Lilis :   “Aku ingin membantu orang tuaku, Gung. Adikku nyaris putus sekolah karena orang tuaku usahanya lagi seret, bahkan boleh dikata pailit . . . . Aku ingin niru jejak kakakku, bekerja sambil kuliah.”
Kalimat dialog yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang di atas adalah ....
A. Aku ingin cepat kerja, Gung.
B. Ya, itu sudah menjadi cita-citaku.
C. Orang tuaku yang menginginkan aku masuk SMK.
D. Sebenarnya aku  juga ingin masuk SMA, Gung.
E. Jangan tanya seperti itu, Gung, aku jadi sedih.
11. Cermati penggalan novel berikut!
Alkisah, pada zaman dahulu, di negeri Arab, hiduplah seorang pemimpin kabilah, seorang sayid, yang sangat termasyur. Bani Amir, nama kabilah itu. Tidak ada seorang pun yang dapat menandingi kekayaan dan kejayaan dari sang Sayid itu. Kegagahberaniannya telah termasyur di seluruh jazirah Arab. Kedermawanannya kepada fakir miskin dan keramahtamahannya kepada para musafir terkenal di mana-mana. Namun, ia selalu sedih karena tak memiliki anak.
(Laila Majnun, Nizami)
Tahapan alur penggalan novel di atas adalah ....
A. menuju pada adanya konflik
B. pengungkapan peristiwa
C. pengenalan situasi cerita
D. puncak konflik
E. penyelesaian atau ending
12. Bacalah dengan cermat resensi film berikut!
Tron: Legacy adalah sebuah film Hollywood yang terbaik sekaligus terburuk. Aspek positif dalam film ini adalah visual yang menakjubkan dan penggunaan teknologi 3D yang baik. Aspek negatifnya meliputi jalinan cerita yang buruk, durasi yang panjang, dialog yang kaku, dan tema yang berantakan. Anda bisa menikmatinya untuk mengisi waktu luang, tetapi film ini akan dengan mudah dilupakan. Dalam film Tron: Legacym ini, terlalu banyak adegan yang diambil dari film The Matrix tanpa mengalami perubahan.
Inti penggalan resensi tersebut adalah ....
A. Penggambaran visual dalam film Tron: Legacy sangat menakjubkan
B. Film Tron: Legacy sangat membosankan karena durasinya yang panjang
C. Adegan dalam film Tron: Legacy menarik karena meniru dari film The Matrix
D. Film Tron: Legacy mudah dilupakan karena tema cerita tidak dikemas dengan menarik
E. Kelemahan dan keunggulan yang ada dalam film Tron: Legacy
13.  Bacalah kutipan cerpen di bawah ini !

(1) Arman dengan seragam oranyenya yang lusuh tetap melaksanakan tugasnya menyapu dan membersihkan tiap sisi dan badan jalanan, meski siang itu sangat terik dan debu.  (2)  Sejak tadi, ia harus menahan amarah. (3)  Para penonton iring-iringan mobil yang membawa  piala Adipura, yang seenaknya membuang sampah. (4) Padahal, tempat sampah jelas-jelas terlihat oleh mata mereka, sangat ironis menerima piala kebersihan tapi masyarakatnya kurang peduli tentang kebersihan.
Amanat kutipan cerpen tersebut adalah....
A. Budaya membuang sampah tidak pada tempatnya
B. Sesuaikan perilaku dengan penghargaan yang diterima
C. Kewajiban pemerintah menjaga kebersihan
D. Budaya tidak peduli dengan orang lain
E. Budaya seenaknya saja
14. Bacalah penggalan puisi di bawah ini dengan cermat!

Kau ajari aku mengeja nama
Tuhan
Yang lama tersingkir dalam benak
(Tahukah kau? Semua itu membuat kekagumanku tandas untukmu)
Kau izinkan aku duduk di beranda hatimu
Agar cukup kudongakkan kepalaku
Untuk melihat apa yang tersimpan di sana
Dan mengambil sebongkah cinta untukku
(Suparmiati)
Gaya pengarang yang paling dominan dalam penggalan puisi di atas adalah ….
A. asosiasi D. sinestesia
B. Hiperbola E. sibolik
C. Romantisme
15. Bacalah dengan cermat pernyataan berikut!
Saudara, saudara…pada peringatan Hari Anak Nasional ini, kami mengharapkan semua jajaran ikut peduli terhadap hak anak. Anak tanpa bimbingan orang tua akan tumbuh menjadi liar dan pribadinya tidak akan terbentuk dengan baik. Oleh karena itu, kami mengajak warga masyarakat, mulai dari tingkat keluarga, sekolah, dan lembaga lainya untuk ambil bagian dalam memberdayakan potensi anak menjadi generasi yang siap bersaing di tingkat global.
Isi penggalan pidato di atas adalah….
A. Paparan c. alasan e. ulasan
B. Lukisan d. imbauan
16. Cermati penggalan puisi berikut!
. . . .
Akan kutanamkan pokok-pokok melati
Di hatiku
Dan kuantar bunga-bunganya
Kepada hatimu
. . . .
Tema puisi di atas adalah ....
A. bunga melati D. perasaan cinta kepada seseorang
B. pengantar bunga E. pokok-pokok melati
C. melati lambang kesucian
17. Perhatikan urutan sambutan berikut !
Sambutan Kepala SMK 1 Selong
2. Sambutan Ketua Panitia Perpisahan
3. Sambutan Kepala UPT Dinas Pendidikan
4. Sambutan Ketua Komite SMK 1 Selong
Agar menjadi urutan sambutan yang benar, maka urutannya adalah . . . .
A. 1 – 4 – 3 – 2
B. 4 – 1 – 2 – 3
C. 4 – 3 – 1 – 2
D. 2 – 1 – 4 – 3
E. 2 – 1 – 3 – 4
18. Perhatikan penggalan syair berikut !

Bukan beta bijak berperi
Bukan beta budak negeri
(Rustam Efendi)
Bait puisi di atas menggunakan rima ....
A. asonansi D. efifora
B. aliterasi E. elips
C. anafora
19. Cermatilah puisi tersebut di bawah ini!

PUISI CAT AIR UNTUK RIZKI
(Sapardi Djoko Damono)
Angin berbisik kepada daun jatuh yang tersangkut kabel telepon itu
“aku rindu, aku ingin mempermainkanmu!”
Kabel telepon memperingatkan angin
Yang sedang memungut daun itu dengan jari-jarinya gemes
“Jangan berisik, mengganggu hujan!”
Hujan meludah di ujung gang lalu menatap angin dengan tajam
Hardiknya, ‘lepaskan daun itu!”
Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah…
A. Sedih c. kecewa e. bercanda
B. Marah d. menyesal
20. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan cermat!

Penyakit lupa Ira pernah dua kali dimanfaatkan pembantunya. Itu yang diketahui. Ya, si pembantu mencuri uang dan Bonar memergokinya. Ira kena semprot Bonar, yang samar-samar mulai menyadari sifat teledor istrinya. Sejak itu, Ira takut sekali kepada Bonar. Apa pun yang terjadi, terutama yang menyangkut sifat pelupanya, dia tidak ingin Bonar mengetahui.
. . . . (Utang, N. Riantiarno)
Konflik yang digambarkan dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....
A. Ira yang ketakutan kalau sifat pelupanya diketahui Bonar
B. Ira yang pelupa sehingga dimanfaatkan oleh pembantunya
C. Bonar yang tidak mengetahui sifat istrinya yang pelupa
D. Bonar yang memahami istrinya teledor
E. Pembantu yang dimarahi Bonar karena ketahuan mencuri uang
21. (1) Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak (2) Kita mungkin boleh berhati-hati, mewaspadai, dan bersiaga. (3) Tetapi bencana bisa datang secara tiba-tiba. (4) [….] (5) Bencana alam memang tidak bisa dihindarkan.
Kalimat yang tepat untuk mengisi kalimat (4) pada paragraf di atas adalah…
A. Kedatangan bencana alam harus kita jauhi.
B. Dalam beberapa waktu terakhir wilayah kita rawan gempa.
C. Kita bisa mewaspadai dan menengarahi gejala alam.
D. Upaya kita adalah mengetahui kerugian.
E. Di mana saja, kapan saja, dan bisa menimpa siapa saja.
22. Seperti bunga kacapiring muka dan kulitnya yang kemerah-merahan dan kalau tertawa, celung pipinya. O, dia pernah jadi saingan kuat dengan Zaenab yang egoistis. Bedanya dengan Zaenab, mata Umi teduh seperti laut dan kalau memandang, terasa sekali merampas dada. Rambutnya hitam mengombak, sama hitamnya dengan rambut Fatimah, anak haji Ma’ruf itu.
(Umi Kalsum, Djamil Suherman)
Cara mengungkapkan karakter tokoh dalam penggalan cerita di atas adalah…
A. Penggambaran langsung D. pikiran para tokohnya
B. Penggambaran fisik tokoh E. tanggapan tokoh lain
C. Dialog antartokoh
23. Diperiksanya sekali lagi, lebih cermat, lebih teliti. Hasil pemeriksaan seperti tiada juga.  Sehat. Heran, ajaib. Terpikir ia jika ia pakai ilmu psikiatrinya, amat boleh jadi Kus ini sakit buat-buatan agar orang belas kasihan atau ada maksud tersembunyi. Perihal Kus ia telah mengenalnya bertahun-tahun. Dahulu Kus menjadi  pelajar Sekolah  Hakim Tinggi, baru kandidat II. Ia seorang yang lekas goncang pendiriannya, kurang teguh.
(Radio Masyarakat, Rosihan Anwar)
Sudut pandang Yang digunakan pengarang adalah…
A. Orang pertama pelaku utama D. Orang ketiga serba tahu
B. Orang pertama pelaku sampingan E. Orang ketiga di luar cerita
C. Orang kedua
24. Bacalah dengan cermat puisi di bawah ini!

Anak Molek V
Malas dan malu nyala pelita
Seperti meratap mencuri mata
Seisi kamar berduka cita
Seperti takut gentar berkata
Gaya bahasa yang tepat pada baris puisi ditulis miring adalah…
A. Personifikasi D. erotesis
B. Hiperbola         E. antanaklasis
C. Metafora
25. Cermatilah tabel berikut !
             Kecelakaan di seluruh Indonesia
                           (2009 – 2014)
Tahun Kecelakaan Meninggal
2009
2010
2011
2012
2013
2014 13.399
17.732
91.623
87.020
48.500
9.035 9.856
11.204
16.115
15.762
16.548
3.061
Total 267.309 72.546
Sumber : www.dedehturidah.blogspot.com
Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel adalah . . . .
A. Jumlah kecelakaan dan korban meninggal 2009 – 2011 meningkat
B. Jumlah kecelakaan dan korban meninggal tertinggi pada tahun 2011
C. Jumlah kecelakaan dan korban meninggal pada tahun 2011-2014 menurun
D. Jumlah kecelakaan tahun 2012 – 2013 meningkat, jumlah korban meninggal menurun
E. Jumlah kecelakaan dan korban meninggal tahun 2013 lebih tinggi dari tahun 2012
26. Apa yang dikatakan dukun Mandra itu selalu benar. Banyak orang yang menanyakan tentang masa lalunya. Sebagai contoh Yunita. Ia tidak pernah menceritakan apa yang dialami. Akan tetapi, ketika ia bertanya kepada dukun Mandra, tentang pacarnya, jawabnya persis seperti apa yang ia alami. “Benar, benar, kamu memang benar. Aku sudah enam kali putus cinta,” ujarnya.
Ungkapan yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah…
A. Pahit maung c. pahit getir e. pengalaman pahit
B. Pahit Pahang d. pahit lidah.
27. Susi ingin dikagumi teman-temannya. Untuk itu, ia tak segan-segan berbelanja lebih dari kemampuannya. Dalam waktu singkat habislah uang belanja yang diterimanya, bahkan menambah pinjamannya.
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah…
A. Seperti api dalam sekam             D. bunga gugur putik pun gugur
B. Besar pasak daripada tiang           E. tak ada gading yang tak retak
C. Habis manis sepah dibuang

28. Mengucapkan SelamatPraktek
di RSUP Cipta Mangunkusuma
dr. Anggraeni
Ahli bedah saraf
PT Bintang Sejati
Isi iklan di atas adalah...
A. Ucapan selamat kepada dr. Anggraeni
B. Ucapan selamat kepada PT Bintang
C. Pemberitahuan dr. Anggraeni sebagai Ahli bedah saraf
D. Pujian terhadap dr. Anggraeni
E. Mengenalkan RSUP Cipta Mangunkusuma kepada dr. Anggraeni
29. Bacalah penggalan puisi di bawah ini dengan cermat!

 Kami sudah mencoba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai, belum bisa
memperlihatkan arti 4-5 ribu nyawa
kami Cuma tulang-tulang
tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang
berserakan
Sikap pengarang pada penggalan puisi di atas adalah...
A. Puas akan pengorbanannya D. Merasa pengorbanannya sia-sia
B. Berkorban tanpa pamrih E. Menunjukkan padanya pahlawan
C. Pasrah dengan keadaan
30. (1) Kata-katanya sangat pedas. (2) Perpustakaan adalah gudang ilmu. (3) Bapak dan Ibu adalah orang yang mengukir jiwa ragaku. (4) Suaranya merdu bagai buluh perindu. (5) Sedap sekali pemandangan di depan jendela kamarmu ini!
Kata yang mengalami perubahan makna sinestesia terdapat pada kalimat….
A. 1 dan 2 c. 1 dan 5 e. 4 dan 5
B. 1 dan 4 d. 2 dan 4
31. Bacalah dengan cermat penggalan cerpen di bawah ini!
Siang terik hari ini, tapi juga kulihat awan berbalut melingkari langit kotaku saat ini, saat aku berada di kelas   konseling bersama sembilan temanku yang lain. Jangan tanya mengapa ada kelas konseling khusus di  sekolahku ini, karena aku tak bisa menjawabnya.
Kelas ini diadakan seminggu dua kali, setiap jam pulang sekolah selama empat puluh menit. Dan aku termasuk salah satunya. Bukan berarti konseling ini hanya untuk anak-anak bermasalah, tetapi juga kelas untuk anak-anak berprestasi. Mengapa meraka ada di kelas itu, jangan tanya aku....    
Seting dominan pada kutipan cerpen di atas adalah...
A. Siang hari D. Kota kelahiran
B. Keadaan langit E. Hari Minggu
C. Kelas konseling
32. Perhatikan ilustrasi berikut!

Rina kini ... keluarganya. Dia sampai hati mengotori nama baik ayah ibunya yang menjadi pemuka masyarakat di kampungnya. Rina sudah tergiur oleh harta dan kesenangan dunia sehingga mau melakukan perbuatan yang memalukan itu.
Ungkapan yang sesuai untuk mengisi rumpang pada ilustrasi di atas adalah ....
A. mencakar muka C. mencoreng muka E. membawa muka
B. mencuci muka D. menutup muka
33. Perhatikan paragraf berikut !
Gagassan pokok paragraf tersebut adalah . . . .
A. Empat puluh sembilan judul buku digital
B. Buku pelajaran digital di internet
C. Kemungkinan penggunaan buku digital
D. Keuntungan program buku digital
E. Pengetahuan guru tentang buku digital
34. Perhatikan ilustrasi berikut!

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang mendasar. Untuk menunjang kebutuhan sehari-hari masyarakat menggunakan air tanah. Akan tetapi, besarnya volume pengambilan air tanah ini tentu saja akan menimbulkan dampak negatif. Selain dapat menurunkan tingkat permukaan tanah, menurunnya debit air tanah  akan mampu mempercepat intrusi air laut ke daratan. Melihat hal tersebut, akan lebih baik jika sedari dini kita peduli untuk menjaga kelestarian alam dari kerusakan yang serius dengan cara menghemat air.

Kalimat poster yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ....
A. Hemat air, garansi kehidupan
B. Hemat air membawa keuntungan
C. Gunakan air secukupnya
D. Gunakan sedikit air agar lebih awet
E. Kita hemat air untuk hindari kerusakan lingkungan
35. Cermati kalimat berikut!
Pidato politikus itu tetap terasa hambar walaupun ia berusaha menyelipkan lelucon di dalamnya.
        Kalimat di atas mengandung perubahan makna ...
A. Peyorasi D. asosiasi
B. Ameliorasi E. meluas
C. Sinestesia
36. RAYUAN PULAU KELAPA
Melambai-lambai nyiur di pantai
Berbisik-bisik raja klana
Menuju pantai nan indah permai
Tanah airku Indonesia
Makna ungkkapan raja klana yang terdapat dalam penggalan lirik lagu di atas adalah…
A. Penguasa c. perantau e. angin
B. Pengembara d. ombak
37. Menyusuri pegunungan-pegunungan bukit yang terjal dan berkelok-kelok. Menatap hamparan kebun   teh yang hijau menawan. Kesejukan udara yang bebas polusi, merupakan pesona tersendiri bagi  Pangalengan.
Paragraf tersebut di atas mengungkapkan tentang…
A. Letak pegunungan di daerah Pangalengan D. keadaan yang sejuk damai di Pengalengan
B. Suasana khas obyek wisata Pangalengan E. keadaan alam yang sejuk dan damai
C. Keadaan di suatu daerah obyek wisata

38. Bacalah paragraf berikut !
Simpulan yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah . . . .
A. Kita harus merawat mata dengan baik
B. Kesehatan mata sama dengan kesehatan kulit
C. mata merupakan organ tubuh yang penting
D. Kita tidak dapat melakukan apa-apa tanpa mata
E. Gangguan mata akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh
39. Bacalah penggalan prosa berikut ini dengan seksama!
Ketrampilan mengutak-atik TTS lebih mengasyikkan ketimbang duduk di dalam mobil bersama si Bos yang jarang mengajak ngobrol.
Tiba-tiba terdengar pintu dibanting. Artinya si Bos sudah masuk ke dalam mobil. Bad langsung putar kunci, injak kopling, masukkan persneleng, tancap gas ke kantor Bos, sebuah pabrik rokok.
Begitu sampai di pabrik, mobil langsung diparkir di depan pintu masuk. Bad turun lalu membukakan pintu belakang untuk jalan kaki si Bos. Tetapi, betapa terkejutnya ia ketika melihat tak seorang pun penumpang ada di dalam mobil itu.
Kesimpulan isi penggalan prosa di atas adalah...
A. Kegiatan mengisi waktu kosong dapat melalaikan tugas utama
B. Akibat sopir yang ceroboh, terjadi penyesalan
C. Kurangnya komunikasi akan menghambat pekerjaan
D. Akibat kurang istirahat, terjadi kecerobohan
E. TTS sarana iseng yang mengasyikkan bagi seorang sopir
40. Bacalah penggalan puisi berikut dengan cermat!
Gunung tinggi diliputi awan
Berteduh langit malam dan siang
Terdengar kampung memanggil taulan
Rasakan hancur tulang belulang
...
Maksud penggalan puisi di atas menggambarkan...
A. Keindahan gunung yang menjulang tinggi
B. Perkampungan yang dipayungi awan biru yang indah
C. Keindahan gunung yang puncaknya selalu berkabut
D. Kerinduan mendalam kepada kampung halaman
E. Cita-cita besar yang tidak tercapai

SOAL DAN KUNCI JAWAB UTS 2015-2016


I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberikan tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban!

1. Bacalah penggalan Cerpen berikut!


Belum lagi kalau teman-teman datang. Dia mulai bertingkah kaya cacing kepanasan, sibuk cari perhatian. Apalagi kalau yang datang cowok, wah, langsung resek, deh, dia, ketawa-ketawa centil dengan suara cempreng-nya. Ingin rasanya aku bentak dia. Sayang Ibu selalu melarang. “Sabar Rit,” kata Ibu berulang-ulang.

Penggalan cerpen tersebut unsur instrinsik yang paling dominan adalah ....
A. tema
B. alur
C. tokoh
D. perwatakan
E. sudut pandang

2. Dengan patuh aku tidak melepaskan tangan pembantu. Dari ruang makan, pintu menuju ke tangga yang turun ke bagian latar, diteruskan jalan pendek bernaungkan atap, disambung tangga lain, dan sekali lagi turun sampai ke bagian rumah belakang. Bagian ini terdiri dari : kandang ayam di sebelah kiri, dua kamar mandi yang masing-masing kami sebut sebelah timur dan sebelah barat, di tengah-tengah bertentangan dengan tangga terdapat sebuah bak dan tempat pencucian pecah-belah serta alat-alat dapur bersama rak pengeringan. …
(Sebuah Lorong di Kotaku, Nh. Dini)
Unsur instrinsik latar penggalan novel tersebut di atas adalah….
A. Ruang makan C. tangga E. bagian rumah belakang
B. Rumah.         D. bagian latar

3. … Pada suatu liburan, Samsul Bahri pulang dan menemui Siti Nurbaya. Pertemuan ini diketahui oleh Datuk Maringgih sehingga menimbulkan keributan yang menyebabkan Baginda Sulaiman yang sedang menderita sakit, jatuh hingga meninggal. Siti Nurbaya diusir lalu tinggal di rumah bibinya. Samsul Bahri juga diusir oleh ayahnya karena dianggap bertindak tidak senonoh. Samsul Bahri akhirnya melarikan diri ke Jakarta.
Unsur instrinsik yang dominan pada penggalan roman di atas adalah…
A. Penokohan C. setting E. Plot
B. Sudut pandang         D. tema
4. Yang paling aku tidak suka adalah sifat Kania yang selalu menyalahkan orang lain, padahal dia sendiri yang melakukan kesalahan, kalau takut resiko seharusnya tidak berbuat sesuatu yang akan merugikan dia sendiri.
Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah...
A. Datang tampak muka pergi tampak punggung; air cucuran atap jatuhnya ke pelimbanan juga.
B. Besar kapal besar pula gelombangnya; bila mengikat hendaknya bertali.
C. Bunga yang harum itu ada juga durinya, bergantung pada akar lapuk.
D. Buruk muka cermin dibelah; kalau takut dilimbur pasang jangan berumah di tepi pantai.
E. Kalah jadi abu menang jadi arang; indah kabar dari rupa.

5. Perhatikan ilustrasi berikut ini!

(1) Bel masuk baru saja dibunyikan, tiba-tiba datanglah segerombolan siswa dari sekolah lain. (2) Mereka adalah para siswa yang memiliki identitas sekolah. (3) Di antara siswa tersebut ternyata ada satu orang yang saya kenal, ia Nanang, tetangga saya. (4) Nanang adalah anak baik dan sudah duduk di kelas tiga. (5) Berarti sebulan lagi, ia akan tamat sekolahnya.
Kata berkonotasi negative terdapat pada kalimat nomor….
A. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5 

6. Saya bercita-cita menjadi sastrawan sejak SLTA, tetapi sudah mulai menulis gurindam ketika masih kelas dua SD di Semarang. Gurindam empat baris saya itu dimuat di koran tempat ayah saya bekerja sebagai Jurnalis. Sajak-sajak saya mulai dimuat di Mimbar Indonesia dan Kisah, ketika saya masih kelas dua di suatu SLTA di Pekalongan. Saya lahi di Bukit Tinggi, 25 Juni 1955 dan dibesarkan di Pekalongan, saya tumbuh dewasa di kalangan keluarga guru dan wartawan.
Penggalan karangan di atas termasuk...
A. Opini D. biografi
B. Esai E. otobiografi
C. Cerpen

7. Sampai pagi aku tak bisa tidur. Benakku penuh diisi keputusan menceraikan dan tidak menceraikan Asmah. Aku ragu, apakah Asmah benar-benar terlindung dari derita bila berada di tangan Burham. Aku tak mau membuat penderitaan baru dalam kehidupan Asmah, di samping dituduh orang melepaskan Asmah ke mulut harimau. Mungkin saja niat Burham membujuk Asmah karena kesepiannya dan setelah kesepian tersebut hilang ia melemparkan Asmah begitu saja. Aku punya hak untuk tidak melepaskan Asmah alias menceraikannya.     
(Kawin Sementara, Taufik Ismail)
Watak tokoh aku dalam penggalan cerpen di atas adalah...
A. Tidak bertanggung jawab D. penakut
B. Tidak berpendirian E. pembujuk
C. Pendendam

8. Pulau Belitung yang makmur seperti mengasingkan diri dari tanah Sumatera yang membujur dan di sana mengalir kebudayaan Melayu yang tua. Pada abad ke-19, ketika koperasi secara sistematis mengeksploitasi timah. Kebudayaan bersahaja itu mulai hidup dalam karakteristik sosiolog yang atribut-atributnya mencerminkan perbedaan sangat mencolok seolah status berkasta-kasta.
(Laskar Pelangi, Andrea Hirata).
Unsur ekstrinsik penggalan novel tersebut yang dominan tentang nilai-nilai...
A. Budaya D. moral
B. Agama E. sosial
C. Pendidikan

9. Cermati kalimat poster berikut!

Hutan ditebang banjir bandang menerjang!

Maksud kalimat poster di atas adalah ....
A. Terjadinya banjir selama ini karena kecerobohan kita menebang pohon di hutan secara sembarangan.
B. Jangan menebang pohon di hutan tanpa perhitungan yang baik karena dapat mengakibatkan banjir bandang
C. Kita wajib melestarikan hutan karena hutan dapat mencegah terjadinya banjir bandang.
D. Kesadaran kita akan pelestarian hutan masih sangat kurang sehingga negeri kita sering dilanda banjir.
E. Mari kita galakkan penanaman pohon di hutan agar banjir bandang tidak menerjang.


10. Cermati penggalan dialog berikut!

Agung :   “Lis, mengapa kamu masuk SMK? Enakan gua, masuk SMA.”
Lilis :   “. . . .”
Agung :   “Oh, begitu. Tapi, apa lulus SMA tidak bisa bekerja?”
Lilis :   “Kata guruku, tujuan SMK adalah membekali siswa agar bisa hidup mandiri. Sementara kalau tujuan SMA agar siswanya mampu mengembangkan ilmunya.”
Agung :   “Tapi, ngapain kamu tidak mau ngembangin ilmu, misalnya setelah tamat dari SMK kamu bisa kuliah?”
Lilis :   “Aku ingin membantu orang tuaku, Gung. Adikku nyaris putus sekolah karena orang tuaku usahanya lagi seret, bahkan boleh dikata pailit . . . . Aku ingin niru jejak kakakku, bekerja sambil kuliah.”

Kalimat dialog yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang di atas adalah ....
A. Aku ingin cepat kerja, Gung.
B. Ya, itu sudah menjadi cita-citaku.
C. Orang tuaku yang menginginkan aku masuk SMK.
D. Sebenarnya aku  juga ingin masuk SMA, Gung.
E. Jangan tanya seperti itu, Gung, aku jadi sedih.

11. Cermati penggalan novel berikut!
Alkisah, pada zaman dahulu, di negeri Arab, hiduplah seorang pemimpin kabilah, seorang sayid, yang sangat termasyur. Bani Amir, nama kabilah itu. Tidak ada seorang pun yang dapat menandingi kekayaan dan kejayaan dari sang Sayid itu. Kegagahberaniannya telah termasyur di seluruh jazirah Arab. Kedermawanannya kepada fakir miskin dan keramahtamahannya kepada para musafir terkenal di mana-mana. Namun, ia selalu sedih karena tak memiliki anak. 
(Laila Majnun, Nizami)

Tahapan alur penggalan novel di atas adalah ....
A. menuju pada adanya konflik
B. pengungkapan peristiwa 
C. pengenalan situasi cerita
D. puncak konflik
E. penyelesaian atau ending

12. Bacalah dengan cermat resensi film berikut!

Tron: Legacy adalah sebuah film Hollywood yang terbaik sekaligus terburuk. Aspek positif dalam film ini adalah visual yang menakjubkan dan penggunaan teknologi 3D yang baik. Aspek negatifnya meliputi jalinan cerita yang buruk, durasi yang panjang, dialog yang kaku, dan tema yang berantakan. Anda bisa menikmatinya untuk mengisi waktu luang, tetapi film ini akan dengan mudah dilupakan. Dalam film Tron: Legacym ini, terlalu banyak adegan yang diambil dari film The Matrix tanpa mengalami perubahan.

Inti penggalan resensi tersebut adalah ....
A. Penggambaran visual dalam film Tron: Legacy sangat menakjubkan
B. Film Tron: Legacy sangat membosankan karena durasinya yang panjang
C. Adegan dalam film Tron: Legacy menarik karena meniru dari film The Matrix
D. Film Tron: Legacy mudah dilupakan karena tema cerita tidak dikemas dengan menarik
E. Kelemahan dan keunggulan yang ada dalam film Tron: Legacy

13.  Bacalah kutipan cerpen di bawah ini !

(1) Arman dengan seragam oranyenya yang lusuh tetap melaksanakan tugasnya menyapu dan membersihkan tiap sisi dan badan jalanan, meski siang itu sangat terik dan debu.  (2)  Sejak tadi, ia harus menahan amarah. (3)  Para penonton iring-iringan mobil yang membawa  piala Adipura, yang seenaknya membuang sampah. (4) Padahal, tempat sampah jelas-jelas terlihat oleh mata mereka, sangat ironis menerima piala kebersihan tapi masyarakatnya kurang peduli tentang kebersihan.
Amanat kutipan cerpen tersebut adalah....
A. Budaya membuang sampah tidak pada tempatnya
B. Sesuaikan perilaku dengan penghargaan yang diterima
C. Kewajiban pemerintah menjaga kebersihan
D. Budaya tidak peduli dengan orang lain
E. Budaya seenaknya saja 
14. Bacalah penggalan puisi di bawah ini dengan cermat!

Kau ajari aku mengeja nama
Tuhan
Yang lama tersingkir dalam benak
(Tahukah kau? Semua itu membuat kekagumanku tandas untukmu)
Kau izinkan aku duduk di beranda hatimu
Agar cukup kudongakkan kepalaku
Untuk melihat apa yang tersimpan di sana
Dan mengambil sebongkah cinta untukku
(Suparmiati)
Gaya pengarang yang paling dominan dalam penggalan puisi di atas adalah ….
A. asosiasi D. sinestesia
B. Hiperbola E. sibolik
C. Romantisme

15. Bacalah dengan cermat pernyataan berikut!
Saudara, saudara…pada peringatan Hari Anak Nasional ini, kami mengharapkan semua jajaran ikut peduli terhadap hak anak. Anak tanpa bimbingan orang tua akan tumbuh menjadi liar dan pribadinya tidak akan terbentuk dengan baik. Oleh karena itu, kami mengajak warga masyarakat, mulai dari tingkat keluarga, sekolah, dan lembaga lainya untuk ambil bagian dalam memberdayakan potensi anak menjadi generasi yang siap bersaing di tingkat global.
Isi penggalan pidato di atas adalah….
A. Paparan c. alasan e. ulasan
B. Lukisan d. imbauan

16. Cermati penggalan puisi berikut!
. . . .
Akan kutanamkan pokok-pokok melati
Di hatiku
Dan kuantar bunga-bunganya
Kepada hatimu
. . . .

Tema puisi di atas adalah ....
A. bunga melati D. perasaan cinta kepada seseorang
B. pengantar bunga E. pokok-pokok melati
C. melati lambang kesucian

17. Perhatikan urutan sambutan berikut !

1. Sambutan Kepala SMK 1 Selong
2. Sambutan Ketua Panitia Perpisahan
3. Sambutan Kepala UPT Dinas Pendidikan
4. Sambutan Ketua Komite SMK 1 Selong 


Agar menjadi urutan sambutan yang benar, maka urutannya adalah . . . .
A. 1 – 4 – 3 – 2 
B. 4 – 1 – 2 – 3 
C. 4 – 3 – 1 – 2 
D. 2 – 1 – 4 – 3 
E. 2 – 1 – 3 – 4 

18. Perhatikan penggalan syair berikut !

Bukan beta bijak berperi
Bukan beta budak negeri 
(Rustam Efendi)



Bait puisi di atas menggunakan rima ....
A. asonansi D. efifora 
B. aliterasi E. elips
C. anafora 

19. Cermatilah puisi tersebut di bawah ini!

PUISI CAT AIR UNTUK RIZKI
(Sapardi Djoko Damono)
Angin berbisik kepada daun jatuh yang tersangkut kabel telepon itu
“aku rindu, aku ingin mempermainkanmu!”
Kabel telepon memperingatkan angin 
Yang sedang memungut daun itu dengan jari-jarinya gemes
“Jangan berisik, mengganggu hujan!”
Hujan meludah di ujung gang lalu menatap angin dengan tajam
Hardiknya, ‘lepaskan daun itu!”
Suasana yang tergambar dalam puisi tersebut adalah…
A. Sedih c. kecewa e. bercanda
B. Marah d. menyesal

20. Bacalah penggalan cerpen berikut dengan cermat!

Penyakit lupa Ira pernah dua kali dimanfaatkan pembantunya. Itu yang diketahui. Ya, si pembantu mencuri uang dan Bonar memergokinya. Ira kena semprot Bonar, yang samar-samar mulai menyadari sifat teledor istrinya. Sejak itu, Ira takut sekali kepada Bonar. Apa pun yang terjadi, terutama yang menyangkut sifat pelupanya, dia tidak ingin Bonar mengetahui. 
. . . . (Utang, N. Riantiarno)

Konflik yang digambarkan dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....
A. Ira yang ketakutan kalau sifat pelupanya diketahui Bonar
B. Ira yang pelupa sehingga dimanfaatkan oleh pembantunya
C. Bonar yang tidak mengetahui sifat istrinya yang pelupa
D. Bonar yang memahami istrinya teledor
E. Pembantu yang dimarahi Bonar karena ketahuan mencuri uang

21. (1) Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak (2) Kita mungkin boleh berhati-hati, mewaspadai, dan bersiaga. (3) Tetapi bencana bisa datang secara tiba-tiba. (4) [….] (5) Bencana alam memang tidak bisa dihindarkan.

Kalimat yang tepat untuk mengisi kalimat (4) pada paragraf di atas adalah…
A. Kedatangan bencana alam harus kita jauhi.
B. Dalam beberapa waktu terakhir wilayah kita rawan gempa.
C. Kita bisa mewaspadai dan menengarahi gejala alam.
D. Upaya kita adalah mengetahui kerugian.
E. Di mana saja, kapan saja, dan bisa menimpa siapa saja.

22. Seperti bunga kacapiring muka dan kulitnya yang kemerah-merahan dan kalau tertawa, celung pipinya. O, dia pernah jadi saingan kuat dengan Zaenab yang egoistis. Bedanya dengan Zaenab, mata Umi teduh seperti laut dan kalau memandang, terasa sekali merampas dada. Rambutnya hitam mengombak, sama hitamnya dengan rambut Fatimah, anak haji Ma’ruf itu.
(Umi Kalsum, Djamil Suherman)
Cara mengungkapkan karakter tokoh dalam penggalan cerita di atas adalah…
A. Penggambaran langsung D. pikiran para tokohnya
B. Penggambaran fisik tokoh E. tanggapan tokoh lain
C. Dialog antartokoh

23. Diperiksanya sekali lagi, lebih cermat, lebih teliti. Hasil pemeriksaan seperti tiada juga.  Sehat. Heran, ajaib. Terpikir ia jika ia pakai ilmu psikiatrinya, amat boleh jadi Kus ini sakit buat-buatan agar orang belas kasihan atau ada maksud tersembunyi. Perihal Kus ia telah mengenalnya bertahun-tahun. Dahulu Kus menjadi  pelajar Sekolah  Hakim Tinggi, baru kandidat II. Ia seorang yang lekas goncang pendiriannya, kurang teguh.
(Radio Masyarakat, Rosihan Anwar)
Sudut pandang Yang digunakan pengarang adalah…
A. Orang pertama pelaku utama D. Orang ketiga serba tahu
B. Orang pertama pelaku sampingan E. Orang ketiga di luar cerita
C. Orang kedua

24. Bacalah dengan cermat puisi di bawah ini!

Anak Molek V
Malas dan malu nyala pelita
Seperti meratap mencuri mata
Seisi kamar berduka cita
Seperti takut gentar berkata

Gaya bahasa yang tepat pada baris puisi ditulis miring adalah…
A. Personifikasi D. erotesis
B. Hiperbola E. antanaklasis
C. Metafora
25.
26. Apa yang dikatakan dukun Mandra itu selalu benar. Banyak orang yang menanyakan tentang masa lalunya. Sebagai contoh Yunita. Ia tidak pernah menceritakan apa yang dialami. Akan tetapi, ketika ia bertanya kepada dukun Mandra, tentang pacarnya, jawabnya persis seperti apa yang ia alami. “Benar, benar, kamu memang benar. Aku sudah enam kali putus cinta,” ujarnya.
Ungkapan yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah…
A. Pahit maung c. pahit getir e. pengalaman pahit
B. Pahit Pahang d. pahit lidah.

27. Susi ingin dikagumi teman-temannya. Untuk itu, ia tak segan-segan berbelanja lebih dari kemampuannya. Dalam waktu singkat habislah uang belanja yang diterimanya, bahkan menambah pinjamannya.

Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi di atas adalah…
A. Seperti api dalam sekam             D. bunga gugur putik pun gugur
B. Besar pasak daripada tiang           E. tak ada gading yang tak retak
C. Habis manis sepah dibuang

28. Mengucapkan SelamatPraktek
di RSUP Cipta Mangunkusuma
dr. Anggraeni
Ahli bedah saraf
PT Bintang Sejati
Isi iklan di atas adalah...
A. Ucapan selamat kepada dr. Anggraeni
B. Ucapan selamat kepada PT Bintang
C. Pemberitahuan dr. Anggraeni sebagai Ahli bedah saraf
D. Pujian terhadap dr. Anggraeni
E. Mengenalkan RSUP Cipta Mangunkusuma kepada dr. Anggraeni

29. Bacalah penggalan puisi di bawah ini dengan cermat!

 Kami sudah mencoba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai, belum bisa
memperlihatkan arti 4-5 ribu nyawa
kami Cuma tulang-tulang
tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tentukan nilai tulang-tulang
berserakan

Sikap pengarang pada penggalan puisi di atas adalah...
A. Puas akan pengorbanannya D. Merasa pengorbanannya sia-sia
B. Berkorban tanpa pamrih E. Menunjukkan padanya pahlawan
C. Pasrah dengan keadaan

30. (1) Kata-katanya sangat pedas. (2) Perpustakaan adalah gudang ilmu. (3) Bapak dan Ibu adalah orang yang mengukir jiwa ragaku. (4) Suaranya merdu bagai buluh perindu. (5) Sedap sekali pemandangan di depan jendela kamarmu ini!
Kata yang mengalami perubahan makna sinestesia terdapat pada kalimat….
A. 1 dan 2 c. 1 dan 5 e. 4 dan 5
B. 1 dan 4 d. 2 dan 4

31. Bacalah dengan cermat penggalan cerpen di bawah ini!
Siang terik hari ini, tapi juga kulihat awan berbalut melingkari langit kotaku saat ini, saat aku berada di kelas   konseling bersama sembilan temanku yang lain. Jangan tanya mengapa ada kelas konseling khusus di  sekolahku ini, karena aku tak bisa menjawabnya. 
Kelas ini diadakan seminggu dua kali, setiap jam pulang sekolah selama empat puluh menit. Dan aku termasuk salah satunya. Bukan berarti konseling ini hanya untuk anak-anak bermasalah, tetapi juga kelas untuk anak-anak berprestasi. Mengapa meraka ada di kelas itu, jangan tanya aku....       
Seting dominan pada kutipan cerpen di atas adalah...
A. Siang hari D. Kota kelahiran
B. Keadaan langit E. Hari Minggu
C. Kelas konseling

32. Perhatikan ilustrasi berikut!

Rina kini ... keluarganya. Dia sampai hati mengotori nama baik ayah ibunya yang menjadi pemuka masyarakat di kampungnya. Rina sudah tergiur oleh harta dan kesenangan dunia sehingga mau melakukan perbuatan yang memalukan itu.

Ungkapan yang sesuai untuk mengisi rumpang pada ilustrasi di atas adalah ....
A. mencakar muka C. mencoreng muka E. membawa muka
B. mencuci muka D. menutup muka

33. Perhatikan paragraf berikut !

Gagassan pokok paragraf tersebut adalah . . . .
A. Empat puluh sembilan judul buku digital
B. Buku pelajaran digital di internet
C. Kemungkinan penggunaan buku digital
D. Keuntungan program buku digital
E. Pengetahuan guru tentang buku digital

34. Perhatikan ilustrasi berikut!

Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang mendasar. Untuk menunjang kebutuhan sehari-hari masyarakat menggunakan air tanah. Akan tetapi, besarnya volume pengambilan air tanah ini tentu saja akan menimbulkan dampak negatif. Selain dapat menurunkan tingkat permukaan tanah, menurunnya debit air tanah  akan mampu mempercepat intrusi air laut ke daratan. Melihat hal tersebut, akan lebih baik jika sedari dini kita peduli untuk menjaga kelestarian alam dari kerusakan yang serius dengan cara menghemat air.

Kalimat poster yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ....
A. Hemat air, garansi kehidupan
B. Hemat air membawa keuntungan
C. Gunakan air secukupnya
D. Gunakan sedikit air agar lebih awet
E. Kita hemat air untuk hindari kerusakan lingkungan

35. Cermati kalimat berikut!
Pidato politikus itu tetap terasa hambar walaupun ia berusaha menyelipkan lelucon di dalamnya.
        Kalimat di atas mengandung perubahan makna ...
A. Peyorasi D. asosiasi
B. Ameliorasi E. meluas
C. Sinestesia

36. RAYUAN PULAU KELAPA
Melambai-lambai nyiur di pantai
Berbisik-bisik raja klana
Menuju pantai nan indah permai
Tanah airku Indonesia
Makna ungkkapan raja klana yang terdapat dalam penggalan lirik lagu di atas adalah…
A. Penguasa c. perantau e. angin
B. Pengembara d. ombak

37. Menyusuri pegunungan-pegunungan bukit yang terjal dan berkelok-kelok. Menatap hamparan kebun   teh yang hijau menawan. Kesejukan udara yang bebas polusi, merupakan pesona tersendiri bagi  Pangalengan.

Paragraf tersebut di atas mengungkapkan tentang…
A. Letak pegunungan di daerah Pangalengan D. keadaan yang sejuk damai di Pengalengan
B. Suasana khas obyek wisata Pangalengan E. keadaan alam yang sejuk dan damai
C. Keadaan di suatu daerah obyek wisata

38. Bacalah paragraf berikut !








Simpulan yang tepat berdasarkan paragraf tersebut adalah . . . .
A. Kita harus merawat mata dengan baik
B. Kesehatan mata sama dengan kesehatan kulit
C. mata merupakan organ tubuh yang penting
D. Kita tidak dapat melakukan apa-apa tanpa mata
E. Gangguan mata akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh
39. Bacalah penggalan prosa berikut ini dengan seksama!
Ketrampilan mengutak-atik TTS lebih mengasyikkan ketimbang duduk di dalam mobil bersama si Bos yang jarang mengajak ngobrol.
Tiba-tiba terdengar pintu dibanting. Artinya si Bos sudah masuk ke dalam mobil. Bad langsung putar kunci, injak kopling, masukkan persneleng, tancap gas ke kantor Bos, sebuah pabrik rokok.
Begitu sampai di pabrik, mobil langsung diparkir di depan pintu masuk. Bad turun lalu membukakan pintu belakang untuk jalan kaki si Bos. Tetapi, betapa terkejutnya ia ketika melihat tak seorang pun penumpang ada di dalam mobil itu.

Kesimpulan isi penggalan prosa di atas adalah...
A. Kegiatan mengisi waktu kosong dapat melalaikan tugas utama
B. Akibat sopir yang ceroboh, terjadi penyesalan
C. Kurangnya komunikasi akan menghambat pekerjaan
D. Akibat kurang istirahat, terjadi kecerobohan
E. TTS sarana iseng yang mengasyikkan bagi seorang sopir

40. Bacalah penggalan puisi berikut dengan cermat!
Gunung tinggi diliputi awan
Berteduh langit malam dan siang
Terdengar kampung memanggil taulan
Rasakan hancur tulang belulang
...
Maksud penggalan puisi di atas menggambarkan...
A. Keindahan gunung yang menjulang tinggi
B. Perkampungan yang dipayungi awan biru yang indah
C. Keindahan gunung yang puncaknya selalu berkabut
D. Kerinduan mendalam kepada kampung halaman
E. Cita-cita besar yang tidak tercapai

II. Jawablah pertanyaan di bawah dengan benar dan jelas!

41. Jelaskan perbedaan antara karangan berbentuk cerpen dengan novel!
42. Jelaskan tahapan-tahapan alur dalam sebuah cerita !
43. Puisi memiliki unsur pembangunan yang disebut unsur fisik dan unsur batin.
Sebutkan unsur instrinsik dalam bentuk batin di dalam puisi !
44. Shampo Clar efekif menghilangkan rambut rontok.
Kalimat iklan di atas mengandung kesalahan. Anda perbaiki kesalahannya !
45. Bacalah penggalan puisi di bawah dengan cermat!

Dengan apakah kubandingkan pertemuan kita kekasihku?
Dengan senja samar spoi pada masa purnama meningkat naik,
setelah menghalaukan panas payah terik
Angin malam menghembus lemah, menyejuk badan
Melambung rasa menayang pikir
Membawa angan ke bawah kursimu …
Hatiku terang menerima katamu
Bagai bintang memasang lilinnya
Kalbuku terbuka menunggu kasihmu,
Bagai sedap malam menyirak kelopak

a. Apakah makna kata ‘ke bawah kursimu’, dalam penggalan puisi di atas!
b. Siapakah yang dimaksud ‘kekasihku’ dalam penggalan puisi di atas!




Selamat mengerj 
KUNCI JAWABAN
ULANGAN MID SEMESTER GASAL TAHUN 2015/2016
BAHASA INDONESIA KELAS XII

I. PILIHAN GANDA
1 D 11 C 21 E 31 E
2 B 12 E 22 A 32 C
3 E 13 B 23 D 33 E
4 D 14 C 24 A 34 A
5 C 15 D 25 A 35 C
6 E 16 D 26 D 36 E
7 B 17 D 27 B 37 B
8 A 18 B 28 A 38 A
9 C 19 B 29 C 39 B
10 A 20 A 30 B 40 D


II. ESSAY

41. (Jawaban alternative)
Secara sempit perbedaan novel dengan cerpen adalah : dalam novel para tokoh dan watak tokoh lebih berkembang hingga mengalami perubahan nasib, sedangkan dalam cerpen alur sangat sederhana hanya memaparkan penyelesaian konflik yang diungkapkan tanpa dijelaskan perubahan nasib para tokohnya.

42. (jawaban alternative)
      Tahapn-tahapan alur dalam sebuah cerita
Tahap perkenalan
Tahap pengungkapan masalah
Tahap perumitan / menuju konflik
Tahap klimaks / konflik / puncak ketegangan
Tahap anti klimaks / ketegangan menurun
Tahap penyelesaian / ending

43. Unsur batin puisi :   1. Tema
2. Rasa dan nada
3. Pesan atau amanat

44. Shampo Clar dapat mencegah rontoknya rambut.
45. Jawaban alternative :
‘kursi’ = kedudukan/kekuasaan, (‘di bawah kursimu = di bawah kekuasaan-Mu)

‘kekasihku’ = Tuhan (yang mencipta senja samar spoi …)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar